Hadiri Harganas di Lampung, Plt Sekda Provinsi Jambi Minta Keluarga Sebagai Benteng Dari Pengaruh Buruk Lingkungan


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/admin/domains/kabardaerah.com/public_html/jambi/wp-content/themes/wpberita/template-parts/content-single.php on line 95

Bandar Lampung, KD — Pelaksanaan Pembukaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Nasional di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim, Lampung berlangsung sukses.

 

Puncak peringatan pun langsung dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia Puan Maharani.

 

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Erwan Malik mewakili kehadiran Gubernur Jambi usai mengunjungi stand pameran Provinsi Jambi mengatakan, pembangunan keluarga menjadi hal yang penting bagi kemajuan bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak sejak dilahirkan dalam lingkungan.

 

“Orang tua terutama ibu adalah tempat belajar pertama bagi anak. Untuk itu ibu juga harus mempunyai ilmu yang cukup, dengan mengikuti PKK yang sesuai 10 Program Pokok PKK, kita akan menyadari fungsi keluarga,” katanya didampingi istri Chairunnisa Erwan.

 

Salah satu fungsi keluarga, sambungnya, adalah untuk pencegahan terhadap pengaruh buruk, seperti pencegahan bahaya narkoba yang semakin mengkhawatirkan generasi penerus bangsa.

 

Menurut Erwan, peringatan Harganas untuk memberikan semangat baru dan mengingatkan kembali tentang fungsi keluarga sebagai pembentukan sikap, watak dan kepribadian serta pendidikan.

 

“Keluarga merupakan komponen bangsa terkecil sehingga diharapkan dengan berfungsinya keluarga dengan baik maka akan menjadikan bangsa Indonesia yang sejahtera dan kuat serta mandiri sehingga sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju,” tukasnya.

 

Sementara Menko PMK RI Puan Maharani dalam sambutannya menyampaikan, Harganas bisa menjadi wadah sebagai mengingatkan akan arti penting fungsi keluarga. Pembangunan Keluarga dimulai dari rumah tangga dulu, sebagai peningkat SDM yang bermutu.

 

“Pembangunan bukan saja sebagai peningkatkan insfrastruktur saja melainkan disemua bidang terutama pada peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat agar bisa ikut berkompetisi di Indonesia juga di internasional, peningkatan ini dimulai dari keluarga,” ujar Puan.

 

Dia juga menekankan, dalam menjalankan program pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah perlu ditingkatkan dan disamakan agar capaian pembangunan bisa terwujud.

 

“Hasil laporan Gubernur tadi sama-sama kita dengar, bahwa pertumbuhan ekonomi masyarakat terus meningkat, sinergi program terus ditingkatkan dan disamakan agar pembangunan SDM bisa tercapai,” jelas Puan.

 

Untuk tema tahun ini, yakni “Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan”.

 

Turut serta pada kesempatan ini Ketua Umum TP-PKK Pusat Erni Guntari Tjahjo Kumolo, Gubernur, bupati/walikota se Indonesia. (ratno)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *