Makam Keramat Keturunan Datuk Paduko Berhalo Yang Butuh Perawatan

Muarojambi I Kabardaerah.com — Bagi yang tinggal di wilayah Provinsi Jambi, khususnya yang tinggal di Kabupaten Muarojambi, mungkin pernah mendengar nama Putri Pinang Masak.

Namun banyak warga tidak mengetahui siapa dan di mana letak makam Putri Pinang Masak itu.

Putri Selaras Pinang Masak adalah istri dari Datuk Paduko Berhalo dan Ibunda Rajo Jambi Datuk RangKayo Hitam, yang diketahui sebagai Rajo Jambi.

Meskipun tidak sebesar dan setenar Datuk RangKayo Hitam, makam ini mempunyai nilai historis sejarah yang penting untuk ditanamkan pada generasi muda di Jambi.

Pasangan Datuk Paduko Berhalo dan Putri Pinang Masak memiliki empat orang anak, yang pertama Rangkayo Pingai alias Sayyid Ibrahim, kedua Rangkayo Hitam Sayyid Ahmad Kamil, ketiga Rangkayo Kedataran Sayyid Abdul Rahman dan terakhir Rangkayo Gemuk Syarifah Siti Alawiyyah.

Menurut Suhermanto (45) warga setempat, makam Putri Pinang Masak ini baru saja dipugar dan diperbaiki kurang lebih sekitar 4 bulanĀ  ini.

Dahulunya kondisi makam tidak seperti ini, hampir tiap hari makamnya dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah.

Makam Putri Pinang Masak sendiri berada di Desa Pemunduran, RT 04, KM 37 dipinggir jalan lintas Jambi-Suak Kandis.

Masih di Desa Pemunduran, kurang lebih 1 KM dari lokasi makam Putri Pinang Masak tepatnya di Dusun Bina Karya, RT 04 terdapat makam Rangkayo Gemuk, yakni anak bungsu Datuk Paduko Berhalo dan Putri Pinang Masak berbeda dengan makam Putri Pinang Masak yang baru dipugar dan terawat. Kondisi makam Rangkayo Gemuk sangat tidak terawat dan memprihatinkan.

“Mengingat nilai historisnya, kami berharap kepada pemerintah daerah agar dapat memperhatikan makam-makam ini sehingga bisa menjadi destinasi wisata sejarah dan religi,” ungkapnya, Senin (8/12/2018).

Sementara Muas warga Kumpehulu kepada jambi.kabardaerah.com
berharap kedepannya dengan banyaknya kunjungan wisatawan bisa meningkatkan pendapatan warga setempat. (narto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *