Tug Boat Pengangkut Batu Bara, Tabrak Dua Dermaga

Tanjabtim I Kabardaerah.com — Sebuah kapal tug boat di Kabupaten Tanjungjabung Timur mengalami kecelakaan tunggal. Betapa tidak, Tug boat pengangkut batu bara tersebut menabrak Dermaga Perhubungan dan Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) milik Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Timur di Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi.

Tug boat Maju Daya 9 BG Sinar Lestari 308 pengangkut batu bara yang diketahui milik agen PT Armada Maritim Nusantara.

Dari informasi yang didapat, tug boat yang dinakhodai Andri Juni Sutrisno berlayar dari Muarasabak menuju Ambang Luar Kampung Laut menabrak dermaga perhubungan tersebut pada hari Senin (19/2/2018) dini hari sekitar pukul 04.25 WIB.

Menurut Camat Kualajambi, Tahang yang dihubungi melalui telepon genggamnya, mengakui adanya tongkang tersebut menyenggol dermaga umum perhubungan dan dermaga TPI

“Saat itu kapal berlayar dari Muarasabak dengan tujuan ke Ambang Luar Kampung Laut dengan kondisi air dalam keadaan pasang, sehingga kapal dan tongkang terbawa arus kuat yang mengakibatkan dermaga umum perhubungan tersebut tersenggol dan nyaris roboh,” katanya.

Ironisnya, setelah menyenggol dermaga tersebut, TB Maju Daya 9 BG Sinar Lestari 308 dengan masih terbawa arus menyenggol Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Dari yang diketahuinya, akibat kerusakan dari tabrakan ini diperkirakan lebarnya mencapai 4 meter dan panjang 8 meter.

Saat ini, nakhoda kapal yang bernama Andri Juni Sutrisno dan tug boat pengangkut batu bara diamankan di Marnit Kampung Laut untuk dimintai pertanggungjawaban atas insiden tersebut.

Hingga kini belum diketahui berapa besar kerugian yang diderita Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Timur.

Pasalnya, belum dihitung secara detail oleh petugas “Harapan kita, agar segera diperbaiki seperti sedia kala,” tukas Camat.

Dari data yang diperoleh, akibat ditabrak tongkang tersebut kondisi dermaga TPI Perikanan mengalami kerusakan pada tiang fender (tempat bersandar dan pengaman kapal) yang terbuat dari bahan besi 2 unit, roboh.

Selanjutnya, besi H tempat dudukan house cren yang menjorok ke laut, patah, Tiang pancang dermaga beton 2 buah putus (hilang).

Kerusakan lainnya, 2 buah tiang dermaga beton rusak berat (patah), Sementara 2 buah tiang dermaga beton rusak sedang atau miring. (udin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *