Wagub Jambi Berharap Bintara Yang Baru Dilantik Kapolda Bisa Amanah

Muarojambi I Kabardaerah.com — Sebagai abdi masyarakat, Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar menegaskan kepada Bintara Polisi yang baru saja dilantik agar dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan bersikap jujur adil dan amanah.

Harapan tersebut disampaikan Wagub saat menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan dan Pelantikan serta Pengambilan Sumpah Siswa Bintara Polri Tahun 2017/2018 Angkatan XVI, bertempat di lapangan Sekolah Polisi Negara Polda Jambi, Sebapo, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (06/03/2018).

“Sesuai ajaran agama, kita diharuskan jujur, adil dan amanah dan teladani cara nabi. Ada empat pelajaran yang bisa kita amalkan yaitu Siddiq artinya jujur dan sangat baik dalam pekerjaan maupun perkataan. Kedua amanah, artinya dapat dipercaya. Ketiga Tabligh, artinya menyampaikan sesuatu dengan baik, dan keempat Fathonah artinya harus cerdas,” jelas Wagub.

Tidak hanya itu, Wagub juga berharap sebagai pelayan masyarakat, pihak Polisi juga dapat mengaktualisasikan didalam kehidupannya sehari-hari empat unsur yang dimiliki oleh Nabi Allah tersebut.

Selain itu Wagub juga menyampaikan pesan dari Presiden RI, Joko Widodo, yaitu untuk meningkatkan pendidikan dengan cara berpikir harus lebih baik lagi serta perbanyak membaca, baik itu pelajaran umum maupun kitab suci agama.

Sementara itu, Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian di SPN Polda Jambi dalam upacara penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri TA 2017/2018 di Pondok Meja, Kabupaten Muarojambi, Selasa (6/3/2018).

“Dengan jumlah brigadir yang mencapai 350.994 personil atau 79,2 persen dari jumlah total personel Polri, maka Bintara Polri merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas Polri,” tukas Kapolda.

Menurutnya, kerja dan perilaku Bintara Polri akan memberikan pengaruh besar terhadap citra dan penilaian masyarakat terhadap organisasi Polri

Dia menambahkan, melalui penerapan kebiasaan atau minimum zero growth dan sitem requitment yang berasaskan BETAH, Polri diharapkan dapat menghasilkan Bintara Polri dengan memiliki kualifikasi umum maupun Bintara Polri dengan kualitas khusus.

“Pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2017/2018 telah mendidik sebanyak 10.139 personil Polri terdiri dari 9.578 polisi laki-laki dan 561 polisi wanita,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, 9.939 Bintara Polri memiliki  kualifikasi umum dan 200 Bintara Polri memiliki kualifikasi penguasaan teknologi informasi.

“Kepada keluarga besar Polri yang berhasil mengantarkan putra-putrinya terus dukung mereka. Lakukan tugas dengan ikhlas dan penuh semangat,” harap Muchlis.

Sebelumnya, putra-putri terbaik Jambi ini mendapatkan pelatihan kepolisian selama 7 bulan di SPN. Acara tersebut, juga dihadiri Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal, Pjs Wali Kota Jambi M Fauzi, Bupati Batanghari Syahirsah dan undangan lainnya, termasuk orang tua para bintara.

Penulis: Azhari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *