Petugas Pos Pengamat Gunung Kerinci Berharap Media Jangan Menyebarkan Berita Salah

JAMBI I Kabardaerah.com — Petugas pos pengamat Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci, Jambi, Indra mengaku justru bingung dengan banyaknya berita-berita yang menyatakan soal adanya erupsi Gunung Kerinci pada hari Sabtu kemarin.

Menurutnya, gempa vulkanik dangkal sebagaimana penjelasan PVBMG bukan berarti terjadi erupsi. Embusan asap dan erupsi adalah dua hal yang berbeda.

“Kejadian hari kemarin (sabtu) bukan erupsi, melainkan embusan asap belerang. Itu sesuai dengan karakter Kerinci yang berkawah,” ujarnya, Minggu (30/9/2018).

Indra juga mengakui, kondisi status waspada sudah berlangsung lima tahun terakhir. “Dan selama itu pula berulang kali embusan asap keluar. Sesuatu yang bukan di luar kebiasaan,” tukasnya.

Dengan adalah peristiwa ini, dia berpesan agar teman-teman media jangan sampai menyebarkan berita yang salah. “Yang terjadi Sabtu kemarin adalah embusan asap belerang bukan erupsi. Itu sebabnya pendaki dilarang naik hingga ke puncak karena dikhawatirkan asapnya meracuni,” tandas Indra. (aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *