Pansus III DPRD Kabupaten Merangin Rampungkan Pembahasan LKPJ 2023

JAMBI.KABARDAERAH.COM. Merangin Dipimpin Asari Elwakas, Pansus III DPRD Merangin rampungkan bahasan LKPJ Bupati Merangin Tahun Anggaran 2023, Senin (6/5/2024). Selanjutnya pansus studi banding.

Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Merangin sendiri dikomandoi Asari Elwakas atau Bang Apuk (Demokrat), panggilan akrabnya bersama Wakil Ketua Helmi (NasDem).

Pansus III beranggotakan Yuzan (Hanura), Hasren Purja Sakti (Perindo), Taufiq (PAN), Hasan Jalil (Golkar), Darmadi (PDIP), Saparuddin (PPP), Safrudin Can (Gerindra) serta Suardi (Golkar).

Pembahasan LKPJ yang disampaikan pekan lalu itu dibahas dengan 8 OPD yakni Dinas Perhubungan, Perkim, Dinas PUPR, Balitbang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan lainnya. Dalam pembahasan dengan DLH Merangin, Bang Apuk membahas soal sampah. Salah satunya sampah yang berada di depan Dukcapil Merangin.

“Masalah TPS yang di depan Dukcapil itu tolong di kosongkan. Karena itu kan kawasan  kuliner di situ, itu harus diangkat TPS dipindahkanlah karena ini bagian dari kota,” katanya.

Ia juga menyebutkan penertiban itu untuk menunjang kuliner yang berada dekat kawasan tersebut. Sementara itu, bahasan LKPJ juga terkait belum terbangunnya RTH depan Kantor Pajak. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merangin, Syafrani mengatakan bahwa pembangunan itu sedianya masuk dalam anggaran, tepatnya dalam DPA.

“Karena rasionalisasi anggaran untuk Pileg, pembangunan dibatalkan,” katanya.

Memang, pembangunan itu sangat penting. Sebab, bilang Kanceng, sapaan Syafrani, bahwa dalam RDTR, RTH itu syarat 30 persen. DLH juga menjelaskan soal TPA penyangga di Rantau Panjang dan Sungai Manau yang menghabiskan biaya dan waktu untuk mobilisasi. DLH mendorong TPA Penyangga. Terakhir soal Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kanceng menyoalkan sinergi DLH dan PDAM yang tak sejalan dengan retribusi. Jika usulan DLH berjalan, PAD akan didapatkan.

“PDAM keberatan untuk memungut retribusi kebersihan rumah tangga,” katanya.

Setelah ini, Pansus akan studi banding terkait pembahasan Laporan Keterangan Pertangung Jawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023. Sementara Pansus I dan II sudah rampung, pada Sabtu dan Minggu dengan OPD-OPD terkait.

Penulis : Helmikey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *