Aslat KASAD Ingatkan Warga Jangan Membuka Lahan Dengan Cara Dibakar

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Ketua Tim Wasev Mabes TNI, Mayjen TNI Hariyanto, ajak warga Desa Sungaiterap, Kecamatan Kumpehulu, Kabupaten Muarojambi, manfaatkan potensi desa untuk wisata dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Juga, ajak warga Desa Sungaiterap dalam membuka lahan jangan dengan cara dibakar.

Hal itu diucapkannya saat kunjungan di lokasi TMMD ke 110 Kodim 0415/Batanghari, pada Sabtu (27/3/2021).

Katanya, dirinya yang pernah menjadi Danrem 042/Gapu pada 2013-2015, mengetahui, bahwa kawasan Kecamatan Kecamatan Kumpehulu itu, merupakan kawasan yang rawan dengan karhutla. Untuk itu, dirinya berpesan yang biasakan lagi kebiasaan itu.

“Kalau musik kemarau pasti di sini karhutla. Karhutla itu ada orangnya yang membakarnya, dia tidak terbakar sendiri. Jadi jangan membuka lahan dengan dibakar, budaya seperti itu harus diperbaiki,” tegasnya.

Disambungnya, dirinya yang saati tu menjabat Danrem 042/Gapu, sudah sering berkunjung ke Candi Muarojambi.

Ditambanya, di sana ada area semacam pohon langkah. Jadi itu pun bisa menjadi potensi untuk menarik wisatawan, sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“Saya pun juga tau di sini banyak warga berprofesi sebagai petani. Kebun-kebun milik warga seperti buah duku khas kumpeh itu pun juga bisa menjadi wisata,” jelasnya.

Lalu disambungnya lagi, diharapkannya juga sasaran utama TMMD itu, yakni jalan. Jadi untuk TMMD ke 110 Kodim 0415/Batanghari membangun jalan yang dulunya 3 jam bisa menjadi waktu 30 menit.

“Itu pun dapat mengurangi cost atau biaya. Di sinikan mayoritasnya Jambi, masyarakatnya petani kebun, itu perlu akses, maka jalan yang dibuat dapat dijaga dan dipelihara,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *