Dandim 0415/Jambi Gelar Halal bihalal Usai Cuti Lebaran

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Komandan Kodim 0415/Jambi Kolonel Inf Marsal Denny menggelar halal bihalal usai cuti lebaran bagi seluruh prajurit TNI dan PNS Kodim, sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (9/5/2022) dilapangan apel Kodim 0415/Jambi, diawali dengan pengecekan baik keamanan, personil maupun materiil usai melaksanakan cuti.

Pengecekan dilakukan langsung oleh Dandim, Kolonel Inf Marsal Denny bersama perwira Kodim. Pengecekan ditujukan bagi personil yang telah melewati batas waktu cuti lebaran, sekaligus melakukan pendataan apabila ada permasalahan yang dihadapi selama melaksanakan cuti.

Dandim menjelaskan, pengecekan yang dilakukan untuk memastikan jumlah personil yang mulai aktif dilingkungan Kodim 0415/Jambi. “Kesiapan personil harus benar-benar dipersiapkan secara matang dalam rangka untuk meningkatkan kinerja satuan usai melewati hari raya idul fitri.” ujar Dandim.

Sementara berkenaan dengan kegiatan halal bihalal, Dandim menjelaskan bahwa kegiatan halal bihalal akrab dengan suasana silaturahmi. Merupakan tradisi turun temurun adat ketimuran masyarakat Indonesia.

Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), halal bihalal adalah aktivitas maaf memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Dikutip dari pendapat ustadz kondang Adi Hidayat, halal bihalal tidak termasuk dalam hukum ibadah, melainkan hukum umum yang termasuk dalam kaidah akhlak, silaturahmi dan hubungan baik antar sesama.

“Oleh sebab itu, Dandim menegaskan bahwa halal bihalal dan silaturahmi lazim dilakukan, karena bukan bid’ah, tidak termasuk ibadah mahdhoh,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *