TMMD  

Momen Mahasiswa Tanamkan Nilai Pancasila di Lokasi TMMD 

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Semangat gotong royong yang didasari dengan nilai – nilai Pancasila tampak dalam program TMMD 115 Kodim 0415 Jambi, Mahasiswa dan warga serta Satgas berjibaku dalam membangun infstruktur dan manusia.

Menurut salah seorang mahasiswa yang tengah menjalankan KKN, Ahmad, penanaman nilai-nilai Pancasila dalam aspek menjadi sangat penting dalam membangun mental dan karakter sebagai bangsa indonesia, apa lagi secara inklusif, nilai nilai Pancasila memiliki makna gotong royong.

Dijelaskannya, mulai dari sila pertama ketuhanan yang maha esa, gotong royong dapat diartikan bernilai ibadah. Sila kedua yakni gotong royong pasti didasari atas kemanusiaan, Sila ketiga tidak ada gotong royong tanpa persatuan, dan sila keempa bahwa di dalam gotong royong pasti terdapat musyawarah.

“Hal itu semua untuk mencapai Sila terakhir, yaitu mencerminkan tujuan akhir gotong royong adalah untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar mahasiswa semester 7 itu.

Diketahui, dalam program TMMD ke 115 Kodim 0415 Jambi itu, yang dibuka pada Selasa (11/10/2022) lalu, warga dan mahasiswa serta Satgas TMMD secara swadaya melakukan pembangunan, baik membuka jalan, membangun rumah serta melakukan pembangunan SDM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *