Desa Danau Kecamatan Nalo Tantan Gelar Acara Musrenbangdes

JAMBI.KABARDERAH.COM – Kegiatan Musrenbangdes Desa Danau Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin Tahun 2023 Jumat (20/01/23) yang bertempat di ruang Aula Kantor Desa Danau, acara di hadiri oleh Ibu Kades Danau, Camat Nalo Tantan, Pendamping Desa, BPD Danau dan Lembaga Kemasyarakatan Desa. Musrenbangdes ini dalam rangka menampung aspirasi masyarakat untuk mengusulkan program dan kegiatan tahun 2024 secara prioritas melalui APBD II kabupaten Merangin dan APBD I Provinsi Jambi.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh dana Kabupaten dan dana Provinsi.

Maksud dan tujuan dari Musrenbang Desa sendiri adalah Dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa, sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah:

1. Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang.

2. Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang tingkat kecamatan.

“Hari ini kita mengadakan Musrenbangdes guna menampung semua aspirasi masyarakat dan akan kita usulkan pada tingkat kecamatan, guna membangun desa yang makmur dan sejah tera kedepannya,”ujar Ibu Kades Jariah,S.pd.

(helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *