Siaga Karhutla Merangin Berhasil Jinakkan Api

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Satuan tugas (satgas) siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kabupaten Merangin Provinsi Jambi berhasil “menjinakkan” memadamkan api.

Kebakaran tersebut terjadi di jalan lintas Sumatera Dusun Bangko Lingkungan Mensawang Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Pgs, Danramil 09/Bangko Kodim 0420/Sarko Mayor Inf Usman S.Ag., M. Pdi menjelaskan kebakaran adalah lahan di pinggir jalan lintas. Satgas Karhutla Merangin seketika langsung bergegas ke lokasi untuk memadamkan kemunculan api, usai mendapatkan laporan dari masyarakat, Jumat (17/11/23) malam.

Hampir dua jam anggota satgas karhutla yang terdiri dari Kodim 0420/Sarko, Polres Merangin, BPBD Merangin, Damkar bersama warga setempat berhasil memadamkan lahan yang terbakar di perkirakan hampir 1 hektar. Lahan tersebut hanya di tumbuhi tanaman liar atau rerumputan akan tetapi di atas lahan yang terbakar banyak kabel-kabel optik internet dan kabel induk atau kabel utama listrik PLN, di sisi barat juga terdapat gudang material milik warga. Dengan kesigapan satgas dan warga serta bantuan dari pihak PLN Merangin api bisa di padamkan dan material-material tidak ada yang terbakar, kemunculan titik api belum di ketahui.

Satgas menerjunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit mobil patroli Polres Merangin, 6 unit kendaraan roda 2 Babinsa. Arus lalulintas terpantau lancar.

“Kami menghimbau agar warga bisa ikut serta dan peduli akan pentingnya menjaga hutan dan lahan dari bahanya kebakaran demi kelestarian dan keberlangsungan masa depan. Serta mari bersama-sama kita wujudkan Jambi bebas asap,” pintanya.

Kesigapan satgas tersebut merupakan upaya dan langkah aksi nyata di wilayah dalam mengurangi pencemaran polusi udara di akibatkan dari kebakaran hutan dan lahan. Kodim 0420/Sarko terus dan akan melaksanakan tugas bersama instansi terkait lainnya dalam operasi karhutla di wilayah.(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *