Tim Penilai Lomba Binter TNI AD Salut Bawang Merah Bisa Tumbuh di Jambi

Tim penilai binter Mabes TNI saat panen bawang merah di         Desa Kasang Pudak, Kabupaten Muarojambi, Jambi

Muarojambi, KD – Tim Penilai Lomba Binter tingkat Kodim XX TA 2016 – 2017 dari Pusterad Mabes TNI yang dipimpin oleh Letkol Inf Krido Pramono bertandang ke lokasi kebun bawang merah binaan Kodim 0415/Batanghari yang berada di RT 11, Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Kamis (7/8/2017).

Kedatangan mereka tidak ingin menilai sejauh mana keterlibatan babinsa ditengah masyarakat. Disamping itu, tim penilai ingin mengetahui salah satu produk unggulan dari jajaran Kodim 0415/Batanghari yang juga menjadi prioritas.

Menurut Babinsa Kasang Pudak Serda Syamsori, ada sekitar dua hektar tanaman bawang merah yang siap panen saat ini.

Dia ingin membuktikan bahwa bawang merah bukan saja tumbuh di Pulau Jawa saja, tetapi di Jambi bisa juga tumbuh dan berkembang.

“Bawang merah ini sengaja kami tanam di Kasang Pudak kerja sama Babinsa dan kelompok tani Vini Vidi Vici untuk membuktikan bahwa bawang merah bisa juga tumbuh dan berkembang di Jambi, karena selama ini masyarakat tahunya bawang merah hanya bisa tumbuh di Pulau Jawa saja,” kata Syamsori.

Babinsa juga berharap kedepannya semakin banyak lokasi lahan tidur yang bisa digarap kelompok tani dan dapat ditanami bawang merah oleh warga.

Usai melihat dan ikut panen bawang merah tersebut, Letkol Inf Krido Pramono berharap bawang merah yang dipanen ini bisa menjadi swasembada dan menambah perekonomian masyarakat.

“Saya berharap masyarakat bisa terus memanfaatkan lahan tidur dan menjadi contoh daerah lain. Ini membuktikan bahwa bawang merah yang biasanya hanya ditanam di Pulau Jawa bisa juga tumbuh di Jambi,” ujarnya penuh keyakinan yang didampingi Kasdim 0415/Batanghari Mayor Inf Beni.

Selain menilai hasil produk unggulan dari Kodim 0415/Batanghari, Pramono juga menilai sejauh mana peran Kodim dalam mendukung program pembangunan di daerah, disamping pembinaan satuan yang telah dijalankan selama ini.

Dalam lawatan tersebut, rombongan tim penilai lomba binter disambut oleh Danramil 415-06 Pijoan, camat Kumpeh Ulu, Kapolsek Kumpeh Ulu, Ketua Kelompok Tani Vini Vidi Vici, Ketua Ormas PMKP, Karang Taruna Kasang Pudak dan tokoh masyarakat serta warga Desa Kasang Pudak. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *