Ketua IWO Provinsi Jambi, Latih Personel Humas se Polda Jambi Agar Promoter

Jambi I Kabardaerah.com — Tidak dipungkiri, saat ini bidang humas (hubungan masyarakat) di suatu instansi perannya sangat dibutuhkan untuk masyarakat.

Demikian juga bidang humas yang ada di Polda Jambi. Peran mereka dalam menginformasikan kepada masyarakat diperlukan wawasan yang baik.

Karena itu, bidang humas Polda Jambi bekerjasama dengan Ikatan Wartawan Online Provinsi Jambi menggelar pelatihan jurnalistik di salah satu hotel ternama di kawasan Kota Jambi.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi, Nurul Fahmy, salah satu yang memberikan materi pelatihan jurnalistik online kepada personil humas se-Polda Jambi,  sangat mengapresIasi kegiatan tersebut.

Dalam paparannya, Fahmy menyampaikan, berita-berita di media online saat ini menjadi pilihan bagi pembaca secara umum.

Menurutnya, dalam pelatihan fungsional kemampuan bidang manajemen media, jurnalistik online, fotografi dan video dalam rangka mewujudkan Bidhumas Polda Jambi yang promoter.

“Kunci membuat berita baik, ada di lead berita dan judul. Kalau judul bagus, lead bagus. Bagaimana membuat lead yang bagus? Mengandung 5W1H,” papar Fahmy.

Bagi pria kelahiran 1978 itu, berbagai strategi digunakan media saat ini. Namun dalam prinsip berita, terlebih media online, materi berita haruslah singkat, padat dan cepat. Untuk itu, isi berita haruslah memuat hal penting di paragraf pertama. Sedang waktu dan tempat, berada di posisi akhir.

“Bagaimana menyusunnya? Diantara 5W1H, yang mana harus didahulukan? Tanggal atau tempat? Lead yang baik itu adalah, isi berita. Siapa (Who) dan bagaimana (How). Sedangkan tanggal dan waktu, bisa terakhir,” terangnya.

Dalam sesi tanya jawab, Situmorang, peserta dari Humas Polres Tebo mempertanyakan bagaimana trik membuat berita yang menarik minat para pembaca.

Didampingi Sekretaris IWO Provinsi Jambi, Erwin Majam, Fahmy mengatakan, selain dari Judul dan lead berita, membuat beritanya, carilah angle berita tersebut. Hal yang menarik. Aneh, unik dan lain dari suatu peristiwa,” bilangnya.

“Memang, ini tidak mudah. Perlu banyak menulis dan jadi kebiasaan,” tambahnya.

Dalam kurun 3 tahun terakhir, pertumbuhan media online, tumbuh subur di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Seiring itu, menjadi media online berlomba-lomba menjadi media yang dipercaya.

“Namun seiring itu pula, masyarakat lebih percaya media sosial. Facebook misalkan. Masyarakat lebih percaya Facebook dibanding media. Facebook dibilang informasi. Masyarakat lebih memilih informasi dari Facebook, ketimbang mencari sumber dari internet,” terangnya.

Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi mengaku kegiatan ini diperlukan sekali bagi bagian humas di wilayah Polda Jambi.

“Saya berharap mereka semakin promoter (profesional, modern dan terpercaya),” tegas mantan Kapolres Tanjungjabung Barat ini. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *