Ribuan Surat Suara Dibakar di KPU Kota Jambi.

Jambi I Kabardaerah.com — Ribuan surat suara untuk pemilihan walikota dan wakil walikota Jambi pada 27 Juni mendatang, dibakar di halaman Kantor KPU, Kota Jambi di kawasan Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu (23/6/2018).

Pasalnya, ribuan surat suara tersebut diketahui rusak saat petugas melaksanakan pelipatan beberapa waktu lalu di Kantor KPU, Kota Jambi.

“Surat suara yang dimusnahkan tersebut merupakan syarat suara yang telah disortir sehingga ditemukan kerusakannya. Ada 22.847 surat suara yang rusak,” ungkap Wein Arifin usai mekukan pemusnahan.

Surat suara tersebut tersebut, terdiri dari surat suara yang bernoda sebanyak 18.986 lembar, surat suara tembus pandang atau berbayang sebanyak 2.017 lembar, surat suara karena potongan tidak simetris sebanyak 1.141 lembar, surat suara rusak karena warna cetak tidak sesuai sebanyak 701 lembar, dan dikarenakan robek sebanyak 2 lembar.

“Yang kita musnahkan tersebut berbeda-beda jenis kerusakan. Ada lima jenis yang kita temukan,” imbuh Wein.

Pemusnahan tersebut juga disaksikan berbagai pihak keterwakilan dari masing-masing pasangan calon baik nomor urut 1 maupun nomor urut 2 termasuk jajaran kepolisian. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *