Sambut Kirab Pemuda Nusantara, Fasha Tularkan Virus Positif Kepemimpinan

JAMBI I Kabardaerah.com — 34 pasang Pemuda-pemudi yang berasal dari seluruh penjuru nusantara, berkumpul di Kota Jambi. Mereka adalah generasi muda pilihan hasil seleksi yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, yang tergabung dalam Kirab Pemuda Nusantara Tahun 2018.

Bertempat di Aula Griya Mayang, Kamis siang (27/09), rombongan Kirab Pemuda Nusantara itu, disambut langsung oleh Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME beserta jajaran OPD Pemkot Jambi. Kirab Pemuda Nusantara merupakan kegiatan nasional yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pemud dan Olahraga Provinsi dan Kota Jambi.

34 orang pemuda-pemudi terpilih dari seluruh Indonesia itu, menyinggahi setiap provinsi di Indonesia, selama 73 hari. Kota Jambi merupakan titik singgah ke 6, untuk selanjutnya mereka akan menuju Kota Palembang Sumatera Selatan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan itu adalah untuk mempersatukan seluruh pemuda di Indonesia dan mengembangkan wawasan kebangsaan, nasionalisme, serta rasa cinta tanah air.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha didaulat untuk memberikan motivasi kepada rombongan peserta Kirab Pemuda Nusantara. Fasha kembali menunjukkan kalibernya sebagai seorang praktisi dan motivator ulung dihadapan seratusan kaum milenial itu.

Fasha menularkan virus positif tentang nasionalisme dan kepemimpinan kepada calon pemimpin masa depan Indonesia tersebut. Fasha juga berharap bahwa pemuda Indonesia bisa bangkit berdiri menggapai cita citanya.

“Kalian adalah calon pemimpin masa depan bangsa ini. Estafet kepemimpinan bangsa ada ditangan kalian. Para pemuda harus selalu bersatu dan memperkuat bangsa ini. Bangkitlah, gapai cita-cita setinggi langit. Jangan takut terjatuh, walaupun terjatuh, kalian akan jatuh diantara bintang-bintang,” ujarnya

Fasha juga berharap agar peserta yang tergabung dalam rombongan Kirab Pemuda Nusantara itu dapat menjadi pelopor dan penyebar virus positif kebaikan dilingkungannya.

“Pemuda berperan penting dalam pembangunan, yaitu sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan. Pemuda juga selama ini memiliki andil besar dalam sejarah kebangkitan bangsa, oleh karenanya, maju mundurnya suatu bangsa, tergantung pemudanya. Tantangan pemuda masa depan adalah menjadi pemimpin yang berkarakter dan berintegritas tinggi. Mampu melihat, mendengar, merasakan dan berbuat. Oleh karena itu, kepemimpinan harus dipersiapkan sejak dini dan kalian harus mampu menjadi pemimpin sedari dini. Mari bergerak bersama membantu pemerintah dalam memerangi narkoba, karena saat ini narkoba merusak masa depan generasi bangsa,” ajak Fasha.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Fasha juga menandatangani tanda titik singgah Kirab Pemuda Nusantara di Kota Jambi. Selain itu, Fasha juga turut melepas langsung pawai Kirab Pemuda Nusantara yang mengambil titik start di depan rumah dinas Wali Kota Jambi menuju Kantor Gubernur Jambi. Pawai itupun turut pula diikuti iringan drum band dan pasukan baris berbaris Paskibra dan pelajar SMA se-Kota Jambi.

Dikatakan Fasha, bahwa dirinya merasa sangat bangga bisa memberikan motivasi kepada para pemuda dan pemudi pilihan yang berasal dari seluruh Indonesia. Kota Jambi juga bangga dipilih menjadi salah satu Kota yang disinggahi oleh kirab pemuda nusantara ini.

Fasha berharap agar program Kirab Pemuda Nusantara, menjadi program dan agenda nasional setiap tahunnya. Sebab, kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi para pemuda di seluruh Indonesia.

“Kami sangat mendukung program ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi agenda nasional setiap tahunnya. Siapapun nanti Presidennya, kegiatan ini kami harapkan terus berlanjut setiap tahunnya,” harapnya.

Tampak turut hadir dalam acara itu, Kadispora Kota Jambi Ir. Moncar Widaryanto beserta jajaran serta stakeholder terkait.

Penulis: Hms/Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *