Ketua TP PKK Launching Posyandu ILP Mekar Kasih, Di Dusun Gading Mas Desa Sinar Gading Kecamatan Tabir Selatan

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Merangin. Guna menyukseskan gerakan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI tingkat Kabupaten Merangin 2024, Pj Bupati Merangin H Mukti melalui Ketua TP PKK Merangin Dr Hj Indria Mayesti Mukti, membuka acara Gerakan Aktifkan Posyandu, sekaligus launching Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) Mekar Kasih Dusun Gading Mas Desa Sinar Gading Kecamatan Tabir Selatan, Rabu (08/5).

Pada acara yang dihadiri Kadis Kesehatan Merangin drg Soni Propesma, Ketua DWP Merangin Ny Rismila Fajarman, Sekdin PMD Syamsul Akiar, Camat Tabir Selatan Antin tersebut, Ketua TP PKK menegaskan, gerakan Aktifkan Posyandu sekaligus launching Posyandu ILP di Kecamatan Tabir Selatan bertujuan meningkatkan pengetahuan para kader Posyandu.

‘’Kreativitas kader Posyandu juga harus ditingkatkan, terutama kegiatan pengembangan, agar terwujud Posyandu aktif serta memberikan pembinaan kepada kader untuk meningkatkan kunjungan dan partisipasi masyarakat di Posyandu,’’ujar Ketua TP PKK Merangin pada pidato sambutannya.

Posyandu lanjut Dr Hj Indria Mayesti Mukti, merupakan lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan (LKD/LKK) sebagai wadah partisipasi masyarakat yang bertugas membantu kepala desa/lurah dalam peningkatan pelayanan sosial dasar, termasuk bidang kesehatan yang tertuang dalam Permendagri nomor 18 tahun 2018.

‘’Sejalan dengan transformasi layanan primer, Posyandu menyediakan layanan sesuai siklus hidup dan diperkuat dengan kunjungan rumah oleh kader yang dilakukan secara terencana untuk meningkatkan kualitas layanan sosial dasar kepada masyarakat,’’jelas Dr Hj Indria Mayesti Mukti.

Lebih lanjut dikatakan Ketua TP PKK Merangin, keberadaan Posyandu yang muncul dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat, serta dapat menata Pos Kesehatan yang bersifat Programatik, mendapatkan pembinaan secara sistematis oleh Puskesmas dan Pokjanal di wilayah kerjanya.

‘’Jadi peran Posyandu ini tidak terlepas dari fungsi Pemerintah Desa/Kelurahan, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten Merangin,’’terang Dr Hj Indria Mayesti Mukti, dibenarkan Kadis Kesehatan Merangin drg Soni Propesma.

drg Soni Propesma menambahkan, Pokjanal Posyandu selaku pembina Posyandu mempunyai peran sangat penting, karena Pokjanal Posyandu sebagai kelompok kerja operasional yang tugas dan fungsinya meningkatkan fungsi Posyandu melalui kooridinasi, advokasi, bantuan yang berkaitan dengan fungsi kerja Posyandu.

‘’Peningkatan peran Pokjanal Posyandu tentunya juga perlu dilakukan, agar tercapai upaya penurunan stunting dan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,’’ujar drg Soni Propesma.

Penulis : Helmikey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *