Komisi III DPRD Kota Jambi Rapat Bersama PUPR Kota Jambi

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Komisi III DPRD Kota Jambi, meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Jambi agar mempercepat pembangunan. Hal ini disampaikan saat rapat dengar pendapat bersama di ruang Komisi III DPRD Kota Jambi, Senin (20/1/2020).

Rapat perdana dengan mitra kerja tersebut dipimpin langsung oleh ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, Umar Faruk. Hadir dalam rapat tersebut Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, M Redho Kurniawan, Sekretaris Joni Ismed, serta anggota yakni Suherman, M Yasir, Abdul Rauf, Naim dan Martua Muda Siregar.

Meski tidak dihadiri Kadis PUPR Kota Jambi, namun Sekretaris DPUPR Kota Jambi, Ajrisa Windra, Kabid Bina Marga, Agustiawan, Kabid Cipta Karya, Momon Sukmana Fitra, Kasi Operasional dan Pemeliharaan Drainase, Luthfi Siregar dan Berlianto Harahap selaku Kabid Bina Program, hadir dalam rapat tersebut.

Umar Faruk menyampaikan pentingnya percepatan pembangunan tersebut. Selain itu, rapat tersebut juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi bersama dengan mitra kerja komisi III DPRD  Kota Jambi.

“Bukan hanya Dinas PUPR saja, tapi nanti juga sudah kita jadwalkan untuk rapat dengar pendapat dengan mitra kerja kita lainnya,” kata Faruk.

Dia menegaskan bahwa salah satu fungsi dewan adalah sebagai pengawasan.

“Kita pertama menanyakan program kerja PUPR ke depannya, karena kita sudah menganggarkan dana begitu besar. Kita mau nanya ke PUPR macam mana realisasi dan pelaksanaannya,” katanya.

Kata dia, sebagai mitra pihaknya juga akan turun mengawasi proses pembangunan, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ya, kita sama-sama koordinasi dan komunikasi yang baik untuk kemajuan bersama,” ujarnya.

Ke depan pihaknya akan terus melakukan rapat koordinasi secara rutin. “Perdana ini tentu ada pertemuan lagi, tindak lanjut selanjutnya  turun lapangan yang akan kami laksanakan. Mengingat kami sudah wanti-wanti bahwa dana untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan masyarakat kota pada umumnya,” tambahnya.

Ia kembali menegaskan, bahwa uang rakyat ini agar digunakan untuk kepentingan-kepentingan rakyat.

“Silahkanlah gunakan dengan sebaik-baiknya. Usahakan kalau ada permasalahan mungkin bisa kita komunikasi dan koordinasi yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Kota Jambi, Muhammad Yasir menekankan kepada PUPR kota Jambi, untuk memperhatikan kualitas pekerjaan proyek.

“Saya minta supaya terkait kualitas pekerjaan itu diperhatikan betul,” ujarnya.

Kata dia, masih banyak beberapa jalan di Kota Jambi yang belum diperbaiki. Sehingga pemerintah harus mengutamakan skala prioritas.

“Rapat dengan mitra kerja ini akan kita gelar rutin. Selain itu juga kami akan turun lapangan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPUPR Kota Jambi, Ajrisa Windra mewakili jajarannya mengapresiasi masukan dari komisi III DPRD Kota Jambi.

Dijelaskannya, permasalahan pembangunan terkadang muncul karena perbedaan kondisi awal dengan yang terjadi saat ini.

“Jadi pada intinya bahwa dewan ini yang mempertanyakan seperti apa yang melaksanakan pembangunan, terutama terkait keuangan dan pembangunan jalan, drainase maupun gedung pemerintah,” katanya.

Kata dia, dewan juga mempertanyakan seperti apa pengawasan dan kapan dimulainya pekerjaan tahun ini.

“Kami menjawab secara gamblang kepada Komisi III, kami maksimal dalam melaksanakan pembangunan,” jelasnya.

Windra menjelaskan pihaknya akan sesegera mungkin awal tahun ini akan dilaksanakan pembangunan. Hanya saja masih menunggu beberapa produk perencanaan tahun berjalan, karena masih ada beberapa revisi.

Ditegaskannya, dalam mendukung program Wali Kota Jambi, PUPR kota Jambi akan maksimal dalam bidang pembangunan infrastruktur. ”

“Karena perencanaan di tahun sebelumnya itu kita dengan kondisi sekarang berbeda.
Misal seperti jalan rusak cuma 10% menjadi 20% dari perencanaannya, final nanti segera mungkin akan dilaksanakan,” tutup Ajrisa Windra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *