Kapolres dan Dandim Pimpin Evakuasi dan Proses Pemakaman Jenazah Warga Terpapar Covid-19

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Tidak menunggu lebih lama lagi, jenazah DL (69) warga Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi yang diketuai terpapar Covid-19 langsung dimakamkan.

Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro bersama Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto selaku Wadansatgas Covid-19 Tanjab Barat memimpin langsung evakuasi jenazah dan proses pemakaman secara protokol Covid-19.

Dengan menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD) Covid-19, jenazah tersebut langsung dimakamkan di TPU pemakaman khusus Covid-19 milik Pemkab Tanjab Barat di Desa Terjun Jaya, Betara, Sabtu (26/9/2020) dini hari.

Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro saat dihubungi membenarkan adanya pemakaman seorang pria yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Saya bersama Dandim Erwan Susanto harus turun tangan dalam proses evakuasi dan pemakaman, pasalnya pemakaman harus segera dilakukan bagi jenazah pasien Covid-19,” ujarnya, Sabtu (26/9/2020).

Selain tugas, sambungnya, ini juga sebagai bentuk aksi kemanusiaan Polres Tanjab Barat terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Ini sebagai aksi kemanusiaan dan peduli terhadap sesama, disitu juga ada petugas dari yayasan yang sudah dibekali APD turut bekerjasama,” ungkap Guntur.

Menurutnya, pemakaman jenazah Covid-19 ini memang harus dilakukan secara hati-hati dan ketat protokol kesehatan dan protokol pemakaman.

Dia menambahkan, yang bersangkutan ini sudah meninggal dunia dari hari Kamis (24/9/2020) lalu dengan keterangan awal bebas Covid-19 dan disemayamkan di Yayasan Budhi Luhur Kuala Tungkal.

“Keterangan awal bebas Covid-19, tapi sore kemarin baru mendapatkan informasi bahwa hasil uji swabnya baru keluar dan dinyatakan positif Covid-19,” tukas Kapolres.

Terkait ini, pihaknya bersama Gugus Tugas P2 Covid-19 Tanjab Barat akan melakukan penyelidikan epidemiologi kontak erat almarhum.

“Kita akan tracking, dengan siapa saja almarhum kontak erat,” tutur Guntur.

(azhari)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *