Dandim 0415/Jambi Kebut Ketahanan Pangan

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Komandan Kodim 0415/Jambi Kolonel inf Marsal Denny secara tegas dan konsisten akan kebut program ketahanan pangan dengan menggali potensi dan sumber daya alam berupa pemanfaatan pengelolaan lahan tidur yang ada di wilayah tanggung jawabnya.

Hal ini selaras dengan program ketahanan pangan yang akan dilounching langsung dan dihadiri oleh Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman di Provinsi Jambi pada tanggal 18 Juli 2022 mendatang.

Lahan terlantar atau yang biasa disebut lahan tidur, umumnya berupa lahan kritis yang miskin kandungan nutrisi, sehingga sulit digunakan untuk kegiatan pertanian pangan maupun tanaman lain yang cepat menunjukkan hasil.

Menurut Dandim, optimalisasi pada lahan pertanian khususnya lahan tidur merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan penggunaan sumber daya lahan menjadi lahan usaha tanaman pangan, holtikultura, perkebunan dll, sehingga dapat menjadi lahan usaha tani yang lebih produktif.

“Banyak potensi yang dapat dimanfaatkan dari lahan tidur agar dapat dikembangkan menjadi kawasan yang produktif dalam meningkatkan sumber daya alam, serta meningkatkan kreativitas dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya dampak negatif.” ujar Kol Denny.

Dengan masifnya program pemanfaatan dan pengelolaan lahan tidur dalam mendukung ketahanan pangan, diharapkan, kedepan semakin banyak kelompok masyarakat dan pemuda yang tergerak untuk mengelola lahan kosong/lahan tidur ditempat tinggalnya, sehingga tingkat pengangguran dapat ditekan, angka kriminalitas berkurang dan lingkungan secara otomatis juga terkelola dengan baik, tegas Dandim.

Dandim pun mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh jajarannya dalam menggerakkan masyarakat di wilayah binaannya untuk mengelola lahan tidur menjadi lahan usaha, demi meningkatkan ketahanan pangan daerah khususnya budidaya holtikultura, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *