Terekam CCTV, 3 Pemuda Curi Kotak Amal Masjid

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Tiga orang pria berpakaian hitam-hitam nekat membobol kotak amal di Masjid Nurul Muttaqin, RT 25, Kelurahan Talangbakung, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi.

Nahas, aksi mereka terekam video pengawas atau CCTV yang terpasang di dalam masjid. Akibatnya, video tersebut viral di media sosial (medsos) Instagram.

Dari rekaman berdurasi 2 menit 59 detik tersebut terlihat tiga orang pria yang mencongkel kotak amal menggunakan gunting besi.

Memasuki detik ke 15, masuk dua orang pria sembari berlari kecil sambil membawa gunting besi yang panjang.

Selanjutnya, kedua pelaku berusaha memutuskan gembok yang mengunci kotak amal masjid. Namun, dalam aksinya mereka sedikit merunduk lantaran diduga ada warga yang melintas.

Dirasa aman, aksi keduanya berlanjut. Tidak sampai dua puluh detik, gembok kotak amal tersebut langsung terbuka. Tidak membuang waktu lagi, uang yang ada didalam kotak dikurasnya.

Tidak lama kemudian, datang lagi kawannya yang juga menggunakan pakaian hitam membantu keduanya. Akhirnya, tidak kurang dari 3 menit uang yang ada di kotak amal terkuras habis tanpa tersisa.

Usai menutup kotak amal warna putih tersebut, ketiga pelaku langsung kabur melarikan diri.

Bendahara Masjid Nurul Muttaqin, Zulfan Shaleh mengatakan, kejadiannya pada Selasa dini hari lalu.

“Dari rekaman CCTV pelaku berjumlah 3 orang, masih berusia remaja tanggung. Kemungkinan masih berusia sekitar 14 hingga 17 tahun,” ungkapnya, Minggu (16/10/2022).

Pihaknya baru mengetahui terjadi pencurian uang kotak amal saat akan sholat subuh.

“Ketahuannya itu sekitar jam 4 subuh, gembok kotaknya sudah terpotong. Dan uang yang ada di dalam kotak sudah kosong dicuri,” kata Zulfan.

Dari rekaman CCTV masjid, ujarnya, para pelaku merusak kotak amal masjid tersebut dengan menggunakan gunting besi.

“Itu kan uang kotak amal kurang lebih 2 hari, saya rasa dak sampai Rp500 ribu,” tukasnya.

Menurutnya, ini merupakan kejadian yang ketiga kalinya yang terjadi di Masjid Nurul Muttaqin. “Rencananya para pelaku akan kita laporkan pengurus masjid ke pihak kepolisian,” tegas Zulfan.

Terpidana, Kapolsek Jambi Selatan AKP Suhendry mengatakan pihaknya belum menerima laporan terkait pencurian tersebut.

“Belum ada laporan yang diterima. Silahkan saja buat laporan ke Polsek,” pungkasnya singkat.

(azhari)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *