5 Kelebihan Macbook M1 Pro, Dibekali Chipset Sangat Gahar 

Macbook M1 Pro hadir secara resmi pada akhir tahun 2020, dan ini menjadi sejarah baru bagi Apple yang sudah berani menghadirkan SoC custom ARM pada produk Mac-nya dibandingkan menggunakan prosesor Intel. 

Transisi tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata, Prosesor M1 sungguh telah membuka peluang baru bagi MacBook Pro untuk menawarkan performa terbaik dan tercepat yang pernah ada dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

Kamu pasti penasaran kan apa saja sih kelebihan yang ditawarkan Macbook M1 Pro bagi para penggunanya? Simak penjelasan berikut ini!

  1. Chipset Yang Sangat Gahar

Apple yang memutuskan untuk beralih ke prosesor ARM buatannya sendiri daripada menggunakan Intel tentu ada alasannya. Hal itu dikarenakan Apple ingin berfokus pada implementasi ekosistem yang lebih baik untuk hardware-nya. Dengan menyematkan Apple M1 chipset, sekarang kemampuan laptop ini bisa berkali – kali lipat lebih baik dalam menjalankan berbagai perintah. 

Chipset tersebut menawarkan 8 inti GPU, 4 buah Firestorm untuk klaster inti berperforma tinggi, serta 4 buah Icestrom sebagai klaster inti yang ramah daya. Selain itu, M1 pun sudah mendukung 16 inti Neural Engine yang diklaim mampu memberdayakan machine learning hingga 11 kali lebih cepat. 

  1. Baterai Yang Tahan Lama

Perlu diketahui, tingkat efisiensi Macbook M1 Pro meningkat tajam daripada versi Intel. Hal ini berujung pada penggunaan daya yang lebih hemat karena prosesor laptop ini mengusung teknologi neural processing yang membuat interaksi antar hardware menjadi lebih cepat dan teroptimasi. 

Kondisi yang membuat perangkat ini hemat energi pun karena adanya dukungan empat core Icestrom yang melakukan tugas sehari – hari dengan hanya menggunakan sepersepuluh daya. Di laman spesifikasi resminya disebutkan bahwa perangkat ini memiliki daya tahan hingga 17 jam untuk menjelajah internet secara wireless dan pemutaran film di Apple TV selama 20 jam. 

  1. Kualitas Layar Retina Khas Apple, Cerah dan Memukau

Apple memang selalu memberikan tampilan layar yang sangat memukau. Sehingga tidak salah jika kamu menganggap kualitas layar Macbook M1 Pro sebagai yang terbaik di industri. Dengan mengusung layar Retina Display berukuran 13 inci yang memukau, tulisan pada layar laptop ini akan terlihat dengan sangat jelas. 

Gambar dan foto akan tampak seperti nyata, memiliki akurasi warna yang sangat baik karena menggunakan teknologi P3 Wide Color Gamut yang diklaim mampu menampilkan 25% lebih banyak warna daripada sRGB. Macbook M1 Pro juga dibekali dengan teknologi mumpuni yang bernama TrueTone untuk menstabilkan warna agar tetap tampil sempurna di lingkungan pencahayaan manapun. 

  1. Performa GPU Super Ngebut

Selain gahar pada CPU-nya, performa Macbook M1 Pro juga sangat layak untuk dijadikan sebagai sarana bermain game ataupun melakukan rendering pada gambar 3D berkat GPU 8 intinya yang super kilat.

Operasi rendering pada aplikasi Final Cut Pro diklaim bisa meningkat 5,9 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Sedangkan, untuk game Shadow of Tomb Raider, performa permainan akan meningkat 2,9 kali lebih baik dalam menampilkan frame per second unggulan. 

  1. Magic Keyboard yang Intuitive

Apple menghadirkan Macbook M1 Pro dengan keyboard yang sangat nyaman digunakan. Perangkat ini sudah tidak lagi menggunakan mekanisme kupu – kupu, melainkan kini memiliki papan ketik dengan mekanisme gunting agar lebih terhindar dari masalah kemasukan debu. 

Magic Keyboard di laptop ini menawarkan jarak responsive tombol sebesar 1 mm saja, sehingga pengguna tak perlu menekan tombol terlalu dalam untuk melakukan input pada keyboard. Pada Macbook M1 Pro juga tersedia Touch Bar yang merupakan tampilan OLED untuk menyimpan berbagai shortcut relevan, tergantung pada aplikasi yang sedang digunakan. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *