SMA Favorit, Ratusan Siswa Kurang Mampu Terima Beasiswa Keringanan

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Sekolah Menengah Atas Negeri Merangin tak hanya menjadi salah satu sekolah terfavorit di Negeri Bumi Tali Undang Tambang Teliti Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, namun lebih dari itu siswa kurang mampu juga dapat keringanan dari pihak sekolah.
Bagaimana tidak, sebanyak 440 siswa dari total jumlah 945 siswa pada tahun ajaran 2023/2024 ini terima beasiswa dari sekolah yang bersumber dari dana Komite sekolah tersebut.
Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Merangin Dian Andriadi mengatakan, keringanan yang diberikan kepada siswa yang kurang mampu itu merupakan program sekolah. Selain itu para siswa yang berprestasi juga menerima beasiswa.
“Untuk meringankan beban siswa yang kurang mampu, kita punya program beasiswa yang bersumber dari komite. Sebanyak 440 Siswa kurang mampu tidak di bebankan bayar komite, jumlahnya hampir 50 persen dari total jumlah siswa tahun ajaran 2023/2024,” kata Dian Andriadi. Jum’at (8/9/2023).
Bentuk beasiswa lain dari program sekolah ini lanjut Alumni SMAN 1 Merangin tahun 1993 itu, beasiswa prestasi juga menjadi prioritas sekolah.
“Beasiswa prestasi itu misalnya dari 28 lokal, kelas 10, 11 dan kelas 12 ranking 1 dapat beasiswa prestasi. Selain itu siswa yang berprestasi dari bidang lain, seperti seni, olahraga, Hafiz Qur’an minimal 4 Juz juga dapat beasiswa,”tambah Bang Dian.
Dijelaskan Dian, keringanan lain bagi siswa yang kurang mampu di SMAN 1 Merangin juga tidak diharuskan membeli seragam sekolah.
“Kalo siswa punya baju kakak atau tetangga yang alumni sekolah kita, bisa menggunakan seragam itu,”ujar Adik kelas Gubernur Al Haris itu.
Untuk diketahui, tahun ajaran 2023/2024 ini, salah satu program SMAN 1 Merangin adalah kelas unggul, nanti ranking 1,2 dan 3 di kelas unggul akan terima Beasiswa Prestasi.(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *