9 Cara Mengatasi Kepala Charger HP yang Cepat Panas

Cara mengatasi charger HP yang cepat panas, terutama pada bagian kepalanya jadi informasi penting untuk Anda ketahui. Pasalnya, kondisi tersebut bisa jadi tanda yang menunjukkan kerusakan pada kabel cas HP maupun komponen lainnya.

Sebagai informasi, kerusakan tersebut penting untuk segera diatasi sebab dapat menjadi faktor kerusakan yang lebih parah pada smartphone Anda. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

9 Cara Mengatasi Kepala Charger HP yang Cepat Panas

Masalah pada charger HP dapat diatasi secara mandiri. Beberapa alternatif di bawah ini mungkin bermanfaat sebelum memutuskan untuk membeli charger baru:

1. Hindari Kebiasaan Menggunakan HP saat Diisi Dayanya

Salah satu faktor yang bisa jadi penyebab panasnya kepala charger adalah penggunaan HP saat pengisian daya. Oleh sebab itu, pastikan Anda untuk mulai menghindari kebiasaan buruk tersebut. Selain dapat merusak performa charger, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan baterai cepat aus.

2. Tinggalkan Kebiasaan Ulang Daya sampai 100%

Kebiasaan mengisi ulang daya sampai penuh (100%) juga bisa jadi penyebab panas kepala charger-nya. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk menghindari kebiasaan tersebut. Sebagai saran, isi ulang daya ponsel Anda sampai mencapai persentase 90% saja agar kesehatan ponsel terjamin baik.

3. Colokkan Charger ke Stop Kontak Dulu

Dibandingkan langsung mencolokkan ke saklar, Anda sebaiknya menyiapkan stop kontak untuk melakukan pengisian baterai HP. Hal ini fungsikan untuk mengurangi tingkat tegangan listrik pada saat pengisian daya tidak terlalu tinggi. Jadi, suhu ponsel juga lebih stabil selama mengecas.

4. Pastikan Mengecas Ponsel sebelum Baterainya 20%

Langkah selanjutnya untuk mengatasi charger HP cepat panas pada bagian kepalanya adalah memastikan pengisian baterai sebelum persentasenya 20%. Misalnya, Anda bisa cas ponsel ketika baterainya 25% atau lebih. Namun, jangan mengecas saat persentasenya masih di atas 50%.

5. Jangan Asal Pasang/Cabut Jack

Cara lain mengatasi charger HP dengan kepala charger yang suhunya tidak stabil adalah memasang ataupun mencabut kabel casan dengan hati-hati. Hindari asal-asalan atau sembarangan ketika akan mengecas ponsel.

6. Biasakan Mencabut Charger dari Colokan ketika Tidak Digunakan

Ketika charger tidak digunakan, pastikan untuk selalu mencabutnya. Sebab, kebiasaan tersebut juga dapat jadi faktor yang membuatnya rusak. Alhasil, penggunaan selanjutnya mempengaruhi kualitas pengisian dan tingkat suhunya juga.

7. Periksa Keaslian Charger

Guna memastikan apakah Anda sebaiknya beli charger baru atau tidak, cek keasliannya terlebih dulu. Untuk mengetahui keasliannya, Anda dapat memanfaatkan informasi yang terdapat di internet. Namun, pastikan mendapatkannya dari situs web yang kredibel agar informasi yang didapatkan benar-benar akurat.

8. Beli Charger Baru sesuai dengan Merk HP dan Kualitas Ori

Jika terbukti charger Anda tidak ori, sebaiknya beli charger ori. Langkah ini jadi cara terbaik untuk mengatasi masalah kepala charger yang cepat panas. Selain itu, kerusakan lain yang mungkin lebih parah juga bisa dihindari.

9. Matikan Program Ponsel saat Dicas

Satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kepala charger yang cepat panas, yakni mematikan program berjalan ketika pengecasan. Untuk diketahui, program berjalan pada ponsel dapat menguras baterai dan membuat mesin di dalamnya bekerja.

Oleh karena itu, suhu kepala charger jadi lebih panas sebab adanya indikasi ponsel digunakan selama dicas. Cara mengatasi charger hp yang bermasalah di bagian kepalanya yang cepat panas seperti ulasan di atas sebagai alternatif yang bisa dilakukan.

Namun jika performa kabel cas hp sudah sangat buruk, alangkah lebih baik jika membeli perangkat charger yang baru. Satu marketplace terpercaya yang bisa menjadi rujukan adalah di Blibli. Dapatkan harga dan kualitas terbaik produk elektronik dan perlengkapannya.

Selain elektronik, ada banyak produk lain yang bisa Anda pilih di platform ini. Seperti kebutuhan rumah tangga hingga produk fashion terbaru. Kunjungi Blibli untuk melihat penawaran menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *