Babinsa Koramil Telanaipura Jadikan Gotong-royong Sebagai Sarana Komsos Kreatif 

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Komunikasi sosial (komsos) merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki, dikuasai dan dilaksanakan oleh prajurit TNI, terutama aparat kewilayahan karena komsos adalah salah satu metode Binter selain Bakti TNI maupun Binwanwil.

Pelaksanaan Binter melalui komsos dinilai sangat efektif, tidak perlu menggunakan biaya tetapi sangat ampuh dan berhasil ciptakan tujuan Binter di wilayah.

Menurut Dandim 0415/Bth Kol. Inf J. Hadiyanto S.I.P., M.I.P yg disampaikan oleh Danramil 09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E, Komsos kreatif merupakan metode pendekatan komunikasi disesuaikan dengan tipologi wilayah dan kearifan lokal. Dengan metode komsos seperti ini, jarang sekali terdengar ada penolakan dari warga masyarakat.

Babinsa seringkali menjadikan kegiatan masyarakat berupa gotong royong di wilayah sebagai sarana komsos kreatif. Perilaku gotong royong bukan hanya tentang menyelesaikan pekerjaan saja, tetapi sekaligus untuk mempererat hubungan masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 415-09/ Telanaipura, Peltu Edi Candra. Ia memanfaatkan waktu weekend ini dengan ikut serta gotong royong memperbaiki parit dan aliran sungai di RT. 23 Kel. Bagan Pete Kec. Alam Barajo kota Jambi, Minggu (30/5/2021) yang menyempit akibat tumpukan material tanah dan pasir yang hanyut terbawa aliran air saat hujan datang.

Ditemui secara terpisah, Danramil 415-09/ Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E membenarkan kegiatan gotong royong oleh Babinsa Kel. Bagan Pete meski pelaksanaannya saat hari libur kerja.

Ia mengapresiasi terhadap Babinsa yang telah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan semangat. Dan ia juga berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan oleh Babinsa Koramil lainnya.

“Jika budaya komsos selalu diasah dan dilakukan oleh setiap prajurit terutama apkowil (Babinsa) dengan kuantitas dan kualitas, maka simpatik dan kemanunggalan TNI-Rakyat akan teewujud dengan baik.” ucap Danramil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *