Pembangunan PSU Akan Dibangun Bertahap

Gubernur Jambi Zumi Zola meninjau pekerjaan PSU

Jambi I Kabardaerah.com — Gubernur Jambi Zumi Zola bersama dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Arfan meninjau pembangunan Peningkatan Prasarana Umum (PSU) yang terletak di dua lokasi, yakni Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi.

Lokasi tersebut, diantaranya di Perum Vidya Indah II Kota Jambi, Perumahan Alamanda Asri 2 Kota Jambi dan Perum Laksana Permai di Desa Mekar Jaya, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Kepada sejumlah media, Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan pembangunan PSU tersebut akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan.

“Ini tentu kita bangun secara bertahap, karena pengajuan kepada kami sangat banyak sekali. Kita anggaran terbatas dan apa yang bisa kita kerjakan akan kita kerjakan untuk kebutuhan masyarakat,” beber Zola, disela-sela peninjauan tersebut.

Sebelum dibangun rigid beton, katanya, masyarakat sekitar sangat mengeluh dengan kondisi jalan yang rusak parah.

“Saya tanya pada Pak RT, jalannya becek dan jalannya juga rusak tentu masyarakat tidak nyaman yang menggunakan sepeda motor, pergi kerja dan pulang kerja,” jelasnya.

Saat peninjauan, ada masyarakat yang menyampaikan kepada Gubernur bahwa pada saat turun hujan, perumahan tersebut akan tergenang banjir akibat drainase yang buruk.

“Tadi ada keluhan dari masyarakat bahwa drainasenya kalau sudah hujan dua jam itu akan mengakibatkan banjir. Kita lihat seperti apa dan tentunya kita juga koordinasikan ke Pemkot. Kalau memang kita turunkan alat kita turunkan alat,” ujar Zola.

Dalam kesempatan tersebut, Zola mengimbau kepada seluruh komponen lapisan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan terutama pada drainase-drainase di perumahan yang dapat mengakibatkan banjir.

“Karena salah satu penyebab yang membuat banjir yakni banyaknya sampah yang dibuang, dan kembali lagi ke Pak RT, Pak Lurah, dan Pak Camatnya untuk mengajak masyarakatnya jangan membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Arfan menambahkan, untuk di Kota Jambi berada di Perumahan Alamanda Asri II yang di bangun rigid beton dengan panjang sekitar 336 meter dengan dana Rp. 450 juta. Kemudian di Vidya Indah II panjang jalan yang dibangun 399 meter dengan dana Rp. 500 juta, bahkan yang terealisasi hanya sekitar Rp 400 juta.

Sedangkan di Kabupaten Muarojambi, yakni di Perumahaan Laksana Permai II dengan panjang jalan sekitar 573 meter dengan menghabiskan dana sekitar Rp. 650 juta.

“Untuk anggaran pembangunan Peningkatan Prasarana Umum ini semuanya menggunakan dana APBD Provinsi Jambi,” tandas Arfan. (ratno)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *