Buruknya Sistem Drainase Membuat Kota Jambi di Kepung Banjir

Jambi I Kabardaerah.com — Hujan mengguyur wilayah Jambi petang kemarin, membuat sejumlah wilayah tersebut menjadi banjir, seperti di jalan Arif Rahman Hakim, Telanaipura, tepatnya di Kawasan Komplek Kampus UIN STS Jambi.

Pantauan dilokasi, banjir dadakan tersebut nyaris melewati setinggi lutut orang dewasa yang mengenangi sebagian jalan itu. Tak pelak membuat pengguna jalan memutar balik arah kendaraan sehingga menyebabkan kemacetan.

Meski demikian sejumlah pengendara roda dua pun ada yang nekat menerobos, sehingga ada kendaraannya yang terjebak macet akibat terendam banjir.

Andi, warga sekitar mengatakan kondisi tersebut terjadi sejak dua tahun terakhir. Dia menilai banjir dadakan yang mengenangi wilayah tersebut buruknya sistem drainase yang dibangun oleh Pemerintah Jambi.

“Sekarang ini tak perlu lama hujan sudah bajir, karena lobang air untuk kegot itu kecil, jadi tidak tertampung dengan. Tidak perlu intensitas hujan deras, hujan sedang aja udah bajir,” jelasnya, Selasa (4/12/2018).

Hal yang sama juga terjadi di Simpang Payo Sigadung, Jalan Lintas Pattimura, dilokasi itu banjirpun mencapai setinggi lutut orang dewasa.

Kemacetan panjang pun tak terelakan, pasalnya sejumlah pengguna kendara lebih memilih tak melintasi jalan yang tergentang tersebut.

“Kami tunggulah air ni surut bang baru melewati jalan ni, kami takut motor ni rusak,” ujar Sebandi salah pengguna kendaraan sembari menunggu banjir surut.

Sebandi mengatakan, sebelumnya ada sejumlah kendaraan yang macet akibat nekat menerobos tingginya banjir. “Banyak juga tadi bang motornya yang macet terendam air,” imbuhnya.

Penulis: Budi Harto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *