Batanghari Meluap, Tujuh Kecamatan di Kabupaten Batanghari Jambi Mulai Tergenang Banjir   

JAMBI I Kabardaerah.com — Hujan yang mengguyur Jambi selama satu pekan ini, membuat Sungai Batanghari terus meluap. Dampaknya, tujuh kecamatan di Kabuten Batanghari, Jambi saat ini mulai terendam banjir.

Sekretaris BPBD Batanghari, Jambi Samral Lubis membenarkan adanya tujuh kecamatan di Kabupaten Batanghari tergenang banjir akibat meluapnya air Sungai Batanghari.

Namun, katanya, air masih belum mengenai rumah, dan air masih sampai di pekarangan rumah warga. “Akibatnya, sejumlah pertanian dan perkebunan milik warga juga tergenang banjir,” ungkapnya, Rabu, (12/12/2018).

Meski air Sungai Batanghari naik kedaratan, ujarnya, namun masih fultuatif, status siaga darurat belum ditingkatkan menjadi tanggap darurat. “Air sungai meluap ini juga mengenai sekolah dan ada juga longsor yang mengakibatkan badan jalan amblas,” tutur Lubis.

Guna mencegah dampak banjir, saat ini tim BPBD terus meningkatkan pemantauan ketinggian muka air. Hingga saat ini, ketinggian banjir setinggi lutut orang dewasa. Dan bila terjadi peningkatan hingga 1 meter, maka statusnya akan menjadi tanggap darurat.

“Yang kita khawatirkan lagi, longsor tebing akan berdampak pada pemukiman warga yang rumahnya berada dipinggir aliran Sungai Batanghari,” imbuhnya.

Dia mengimbau, agar warga di tepian Sungai Batanghari tetap waspada. “Bagi yang memiliki anak kecil agar jangan bermain di tepi sungai,” tukas Lubis.

(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *