Gandeng Ketua DPRD Kabupaten Merangin, Tim Pengabdian Fisipol UNJA Melakukan Sosialisasi Pilkada Serentak

JAMBI I Kabardaerah.com — Tim Pengabdian dari Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Jambi (UNJA) yang diketuai oleh Faizah Bafadhal, SH., MH, beranggotakan Riri Maria Fatriani, S.Sos., M.Si, Cholillah Suci Pratiwi, S.IP., M.A dan beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang turut dilibatkan dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PPM) di Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Jambi.

Dengan menggandeng Ketua DPRD Kabupaten Merangin Zaidan Ismail, tim pengabdian Fisipol Unja melakukan sosialisasi tentang “Peranan Lembaga Adat Melayu Kecamatan Tabir dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Menuju Pilkada Serentak” pada Senin, 25 Juni 2018 di Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin bertempat di Aula Kantor Camat Tabir.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai tokoh masyarakat, ormas dan perwakilan dari masyarakat setempat. Beberapa narasumber juga ikut serta mengisi kegiatan ini yakni Sekretaris Lembaga Adat Melayu, Kecamatan Tabir dan perwakilan dari camat tabir.

Poin penting dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2018, maka perlunya himbauan agar dapat bersinergi dan kerjasama yang baik antara pihak KPU, tokoh diberbagai elemen masyarakat, pemuda pemudi dan lembaga adat sebagai penggerak agar partisipasi masyarakat bisa meningkat guna suksesnya Pilkada serentak di Kabupaten Merangin 2018.

Target partisipasi dalam Pilkada 2018 dari diharapkan mencapai sebesar 77,5 % sesuai dengan target KPU. Selain itu tolok ukur suksesnya penyelenggaraan Pemilu adalah dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat. Peran serta kelembagaan adat juga menjadi unsur yang cukup penting, baik itu secara langsung maupun tidak langsung dalam pilkada.

Hal tersebut dapat menjadi indikator tersendiri, apakah lembaga adat memiliki peran secara pasif, aktif atau tetap pada posisi netral dan tidak memihak.

(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *