TNI  

Tingkatkan Peran Forum Anak Dalam 2P, Ini Materi yang Diberikan Danramil Telanaipura

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi Forum anak, Danramil 415-09/Telanaipura melalui Danpos Ramil Peltu Eddy Widiyanto memberikan materi berupa pembinaan dan pendidikan karakter kepada 50 orang siswa-siswi perwakilan SMP dan SMA yang tergabung dalam Forum anak kota Jambi sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA), Senin (08/05/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan agar pengurus forum anak mampu memahami peran dan tugasnya sebagai Pelopor dan Pelapor (2P). Pelopor sebagai agen perubahan dan pelapor berarti memiliki kemauan untuk melaporkan atau menyampaikan pengaduan kepada instansi terkait untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Forum anak merupakan wadah partisipasi anak, dimana anggotanya berasal dari perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan anak atau perseorangan, dikelola oleh anak dan dibina oleh pemerintah, sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Seiring berjalannya waktu, masukan/pendapat/saran dan keberadaan forum anak sangatlah penting sebagai bahan pertimbangan oleh pemerintah bagi keberlangsungan proses pembangunan.

Menurut Eddy materi tentang pembinaan dan pendidikan karakter dirasa sangat cocok diberikan karena diharapkan dapat membentuk kecenderungan individu untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi orang lain.

“Dapat kita bayangkan apabila pendidikan karakter minim diberikan terhadap anak. Sudah pasti dapat menyebabkan krisis moral seperti masalah sosial di masyarakat, tawuran pelajar, penyalahgunaan narkoba, minum minuman keras, bullying dan hal-hal negatif lainnya.” ujar Eddy.

Kegiatan pelatihan forum anak tahun 2023 diselenggarakan oleh DPMPPA sebagai program pembinaan terhadap pelajar dan generasi muda kota Jambi.

Dalam pembukaannya yang disampaikan oleh Kabid perlindungan anak Yuniati, S.Sos, ME ditegaskan bahwa forum anak harus menjadi pelopor sebagai agen perubahan dengan memberikan contoh perilaku baik dilingkungan sekitar dan menjadi Pelapor ketika menemukan kejadian menyimpang dengan speak up pada lembaga atau orang dipercaya agar upaya pencegahan bisa dilakukan secepatnya.

Sementara itu apresiasi juga disampaikan oleh Kadis DPMPPA kepada Koramil 415-09/Telanaipura atas upaya partisipasinya dalam keikutsertaannya mendidik siswa-siswi yang tergabung dalam forum anak dalam hal pembentukan karakter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *