PEMILU  

Partai Lambang Mata Hari Akan Jadi Nahkoda DPRD Kabupaten Merangin 2024

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Merangin. DPRD Merangin periode 2024 bakal dikomandoi PAN yang meraih kursi terbanyak. Sebaliknya, PDIP kehilangan kursi dan harus merelakan kursi pimpinan.

Informasi yang dirangkum media ini, Partai Amanat Nasional (PAN) sebelumnya meraih 4 kursi dari 3 Daerah Pemilihan (Dapil). Hasil ini sama dengan raihan Golkar, Gerindra dan NasDem.

PAN yang meraih suara terbanyak di Pileg 2024 di Merangin itu, berhasil merebut kursi di Dapil III. Petahana Rahmat Nalim, putra mantan Bupati Merangin itu selisih tipis dengan raihan Caleg PDIP, Fajar Wijaya Kusuma.

Kegagalan Fajar yang tak lain putra Zaidan Ismail, Wakil Ketua DPRD Merangin itu membuat PDIP harus puas dengan wakil 2 kursi di DPRD Merangin.

PDIP hanya memiliki wakilnya di Dapil I dan Dapil III untuk periode 2024-2029. Sebelumnya, PDIP memiliki 3 kursi.

Sebaliknya, PAN yang sebelumnya 3 kursi kini memiliki 5 kursi dari semua dapil. Putra Gubernur Jambi, Muhammad Rifaldi dan Mira Sartika mewakili 2 kursi PAN di Dapil I.

Torehan PAN yang dikomandoi Ahmad Kausari itu, tak hanya mempertahankan kursi pimpinan, namun juga merebut kursi Ketua DPRD Merangin.

Sementara Golkar yang meraih 6 kursi di periode 2019-2024 dan menjadi pimpinan DPRD Merangin, periode 2024-2029 harus puas dengan raihan 4 kursi di 3 dapil. Golkar gagal meraih kursi di Dapil IV.

Raihan yang sama didapatkan Gerindra. Namun partai Prabowo ini meraih 4 kursi di 4 dapil. Sementara sebelumnya meraih 3 kursi, periode ini Dapil IV melengkapi kursi Gerindra di Merangin.

Perolehan Gerindra ini mengeser PDIP dari tampuk pimpinan. Bersama PAN dan Golkar, Gerindra melengkapi komposisi pimpinan DPRD Merangin.

Partai yang mendapatkan 4 kursi di Pileg 2024 selain Golkar dan Gerindra, ada pula NasDem. Periode sebelumnya, NasDem meraih 3 kursi dan melengkapinya di Dapil IV.

Peningkatan juga didapatkan PKB dari periode 2019-2024, bertambah 1 kursi. Jika sebelumnya PKB mendapatkan 2 kursi di Dapil I dan III, periode 2024-2029 bertambah di Dapil II.

Hal yang sama didapatkan PPP dari 2 kursi menjadi 3 kursi. PPP gagal meraih kursi di Dapil III.

Partai Demokrat di DPRD Merangin bertahan dengan 3 kursi. Demokrat berhasil merebut kursi di Dapil III, namun gagal mempertahankan di Dapil IV.

Perindo juga berhasil mempertahankan 3 kursinya di 3 dapil. 2 petahana di Dapil II dan III berhasil bertahan, sementara Dapil I berganti dari Asy Syahrul ke Indra Geni.

Sementara PKS yang memiliki 3 kursi, tampaknya harus puas 2 kursi dan kehilangan wakil dari Dapil III.

PKN satu-satunya partai baru yang berhasil meraih kursi di DPRD Merangin. Menariknya, Abdul Thalib yang sebelumnya duduk dengan Berkarya, berhasil mempertahankan kursinya.

Penulis : Helmikey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *