Permohonan Paspor RI di Kantor Imigrasi Jambi Alami Penurunan

Jambi I Kabardaerah.com — Pelayanan permohonan Paspor RI di Kantor Imigrasi Kelas I Jambi terus mengalami peningkatan.

Namun, untuk jumlah permohonan Paspor RI di Kantor Imigrasi Kelas I Jambi pada tahun 2017 ini justru mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Hal ini diakui Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jambi Eko Dirgantoro Irianto pada saat menggelar refleksi akhir tahun 2017 di

Kantor kementerian hukum dan HAM RI Kanwil Kantor Imigrasi Kelas I Jambi, Selasa (19/12/2017).

Menurutnya, penurunan jumlah permohonan tersebut disebabkan pada tahun 2017 ini telah diterbitkan Surat Edaran Dirjen Imigrasi Nomor IMI-0277.GR.02.06 Tahun 2017, tanggal 24 Februari 2017.

“Surat edaran tersebut tentang pencegahan tenaga kerja Indonesia nonprosedural. Dimana peraturan itu mempengaruhi permohonan pembuatan paspor bagi masyarakat,” ujar Eko.

Akibat kebijakan tersebut, sambungnya, Kantor Imigrasi Kelas I Jambi telah melakukan penundaan penertiban Paspor RI sebanyak 114 orang.

Data dari Kantor Imigrasi Jambi pada tahun 2016 lalu penertiban paspor berjumlah 26.210, sedangkan tahun 2017 turun menjadi 21.273.

Selain itu, adanya permohonan paspor secara online. “Salah satunya adalah pendaftaran antrian online yang berbasis waktu dan pelayanan,” tuturnya.

Sejak diterapkan aplikasi pendaftaran antrian online pada tanggal 22 November hingga 15 Desember 2017 ini, katanya, yang mengajukan permohonan pada aplikasi sebanyak 834 orang.

“Ini menunjukkan capaian yang bagus,” tegas Eko.

Selain itu, sejak tanggal 10 November 2017, Kantor Imigrasi Jambi juga bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dalam bentuk Mobile Pos yang berada dalam area Kantor Imigrasi Jambi.

“Ini untuk mempermudah pembayaran PNPB baik Paspor RI ataupun izin tinggal keimigrasian. Selain itu bisa juga memberikan pelayanan jasa pengiriman dokumen Paspor RI (Passport Delivery Service),” tuturnya.

Dengan adanya ini, papar Dia, pemohon tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi lagi, sehingga menghemat ekonomi, waktu yang lebih efisien dan efektif.

“Sejak adanya pengiriman paspor yang dilakukan PT Pos Jambi ada 201 jumlah pengiriman,” imbuh Eko. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *