Pengolahan Sampah Dibutuhkan Sinergi Pemkab Dengan Masyarakat.

Batanghari I Kabardaerah.com — Sampah sebagai hasil dari kegiatan sehar-hari masyarakat Kabupaten Batanghari, Jambi saat ini menjadi permasalahan tak berujung.

Hal ini diakui Parlaungan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/1/2018)

Menurutnya, untuk itu dibutuhkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk mengolah sampah, baik itu sampah rumah tangga, sampah industri maupun sampah dari kegiatan pasar.

“Untuk mengolah sampah tidak cukup hanya dibersihkan setiap hari, namun juga butuh kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencemari sungai dengan membuang sampah sembarangan,” ujar Parlaungan.

Dia juga mencontohkan, tempat pembuangan sampah (TPS) yang berada di dekat BBC, sering dijadikan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah masyarakat.

Namun, katanya, masyarakat sering membuang sumpahnya dari atas motor dan enggan memasukkannya ke dalam TPS sehingga sampah berserakan di tepi jalan.

Dia menilai, sebagai usaha pengolahan sampah agar tidak mencemari lingkungan, maka dibutuhkan sinergi antara dinas lingkungan hidup dengan masyarakat, agar Kabupaten Batanghari menjadi semakin bersih dan indah dipandang,

“Dengan masyarakat yang sadar akan lingkungan maka akan terbentuk masyarakat yang sehat untuk membangun Batanghari lebih baik kedepannya,” harap Parlaungan. (brata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *