Asisten Kapolri dan Kapolda Jambi Awasi Peserta Psikologi

Muarojambi I Kabardaerah.com — Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Arief Sulistyanto bersama Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis langsung mengawasi tes psikologi calon Tamtama, Bintara dan Akpol, di ruang Balairung Kampus UNJA Mendalo.

Tes tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia, Selasa, (17/4/2018). Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan bahwa aspek yang dinilai dalam tes psikologi pertama, meliputi kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja, sedangkan untuk tahap kedua adalah tes kesehatan mental.

Total peserta pada tes psikologi tahap I seluruh Indonesia ini ada sebanyak 77.308 orang yang terdiri dari 65.178 pria dan 12.130 wanita. Mereka memperebutkan kuota didik sebanyak 8.400 orang dengan rincian 8.000 polisi pria dan 400 polisi wanita.

Sebelumnya, Polda Jambi telah melaksanakan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas.

Selain itu, panitia juga diambil sumpah untuk mengawasi dan melaksanakan seleksi dengan penuh tanggung jawab, teliti serta tidak melanggar norma hukum.

Sementara para peserta bersumpah akan bersungguh-sungguh mengerjakan tes dengan tanggung jawab dan tidak curang. “Apabila melanggar sumpah, peserta bersedia didiskualifikasi dan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” kata Arief, Selasa (17/4,/2018).

Hal ini, lanjutnya sebagai wujud komitmen dan kesungguhan Panitia dan peserta untuk melaksanakan seleksi ini dengan sebaik-baiknya.

“Kompetisi ini cukup ketat, untuk mendapatkan calon peserta didik yang berkualitas panitia seleksi bertekad melaksanakan tes secara bersih, transparan, akuntabel, humanis serta clear and clean,” pungkasnya. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *