Nama Ritas Mairiyanto Caleg Provinsi Jambi Makin Dikenal

 

JAMBI I Kabardaerah.com — Masyarakat Jambi disuguhkan dengan kedatangan Cawapres RI Nomor Urut Dua, Sandiaga Uno, belum lama ini.
Kegiatan satu hari tersebut berlangsung sukses. Namun siapa yang dapat memperkirakan bahwa persiapan pelaksanaan memakan waktu dua hari. Setelah pihak panitia menerima kepastian kedatangan dari Tim Sandi di Jakarta.

Dikomandoi Ritas Mairiyanto dan timnya, pihak yang mengapresiasi keberlangsungan acara Sandi yang mampu menjawab kerinduan masyarakat. Di enam tempat yang dikunjungi Sandi dari Kota Jambi sampai di Kabupaten Muaro Jambi, dinilai acara yang paling tepat waktu alias on time. Tumpah ruah di padati masyarakat. Padahal rangkaian itu berlangsung pada hari Jumat.

Setelah acara selesai, Nama Ritas cukup melenjit drastis menjadi buah bibir ditengah masyarakat. Selain banyak memberikan apresiasi tentunya pihak bertanya siapa sebenarnya sosok Ritas.
Pria yang berani memunculkan diri mengomandoi kedatangan Cawapres RI Sandiaga Uno, bahkan ikut langsung mendampingi Sandi didekatnya, di tempat yang dikunjungi.

Informasi berhasil dirangkum, ternyata Ritas pernah sebagai pengurus HIPMI dua periode di Jambi. Pernah menjadi Ketua GAPENSI Kota Jambi tahun 2012 – 2015, Wakil Bendahara KNPI Provinsi Jambi tahun 2009- 2012, Ketua Umum Khususnya Ryu M Karate-do Indonesia (KKI), Ketua Pemuda Kenali Besar tahun 2008-2011, Ketua Polmas Kenali Besar.

Ketua Kompartemen Kamar dan Industri (KADIN) Provinsi Jambi, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Jambi, dan Ketua Radio Antar Penduduk RAPI Provinsi Jambi. Dan kini dirinya tengah mencalonkan diri sebagai Calon DPRD Provinsi Jambi dari Partai Gerindra nomor urut 5, daerah pemilihan Kota Jambi.

Kini nama itu kembali diperbincangkan orang, setelah sejumlah media lokal dan media nasional memberitakan tentang kepastian kedatangan Pengamat Politik Rocky Gerung yang mengisi diskusi publik dan seminar nasional di Provinsi Jambi, di Gedung Grand Kemas, Telanaipura Kota Jambi, pada 12 Maret mendatang.

Kali ini namanya muncul sebagai Ketua Pembina Kesatuan Angkatan Muda Sriwijaya (Kamsri) Provinsi Jambi. Kedatangan Rocky dalam rangka memenuhi undangan Kamsri, dan juga undangan Tokoh Masyarakat Jambi Murady Darmawansyah. Dalam satu hari Rocky mengisi tema Politik Rasional di Kalangan Pemilih Millenial Dalam Pemilu Damai tahun 2019. Selain dari Rocky, narasumber diskusi di isi Faldo Maldini selaku Pengamat Muda, dan Murady Darmawansyah selaku Tokoh Masyarakat Jambi.

Pemerhati Politik di Jambi, Dede Kusnaidi mengatakan, selain aktif di organisasi. Nama Ritas muncul menjadi petarung di Pileg tahun 2014 lalu, selanjutnya tim sukses pemilihan gubernur, dan walikota. Kali ini Ritas kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi. Nama Ritas belakang terus muncul ke tengah-tengah masyarakat.

“Kalau nomor urut tidak menjadi pengaruh untuk menoreh suatu kemenangan. Nama Ritas memiliki peluang besar sebagai anggota DPRD Provinsi, Ritas aktif diberbagai organisasi masyarakat, dan dibeberapa tim kontestan Kepala Daerah. Artinya banyak anak muda maupun kalangan aktivis yang mengenal Ritas,” katanya.

Ia menjelaskan, Pasca OTT KPK terhadap Gubernur Jambi dan Anggota DPRD, masyarakat Jambi mulai demam karena sulitnya membangun kepercayaan masyarakat terhadap wakil rakyatnya. Namun sebagai peluang besar bagi para kontestan duduk sebagai anggota DPRD Provinsi. Selain dari peran penting KPU dalam membawa partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.

“Dibuktikan dengan meningkatkan gelora para Caleg DPRD untuk maju. Sedangkan gelora pemilih mulai menurun drastis. Pola seperti ini sebaiknya digunakan para kontestan menarik kembali simpatik rakyat,” katanya.

Menurutnya, kontestan tidak cukup melakukan kunjungan ke tengah masyarakat dan menunjukkan diri dengan memasang spanduk dan sebagainya di persimpangan jalan, karena itu merupakan tradisi yang malah di acuhkan oleh publik. Kini publik menunggu fakta integritas yang dibawa caleg membawa nasib Jambi kedepannya.

“Fakta integritas sebagai jaminan untuk mengembalikan kepercayaan pemilih. Jangan sampai masyarakat lebih memilih kepada Pilpres ketimbang Pileg. Masyarakat sekarang sudah cerdas, dia tahu siapa wakil rakyat yang akan dipilihnya,” katanya

Penulis: Budi Harto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *