Di SMKN 3, Polda Jambi Putar Video Pancasila yang Sila-silanya Terdapat Dalam Alquran

JAMBI.KABARDAERAH.COM — Polda Jambi melalui Direktorat Intelkam kembali mengingatkan bahaya radikalisme dan terorisme kepada insan pelajar, Sabtu (12/10/2019).
Dalam materinya pada acara “Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMKN 3 Kota Jambi” di SMKN 3 Kota Jambi, di Jalan Lingkar Selatan Barat 2, KM 10, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Panit 3 Subdit 5 (Kamsus) Ditintelkam Polda Jambi Ipda Sudiro, S.Pd.I, memaparkan pentingnya Pancasila bagi pelajar dan generasi muda dalam rangka mencegah radikalisme dan anti Pancasila guna menjaga situasi yang kondusif di wilayah Provinsi Jambi.
“Para pelajar harus memiliki daya tangkal terhadap radikalisme dan terorisme, serta tidak memberikan kesempatan bagi tumbuhnya gerakan ideologi radikal yang bertentangan dengan Pancasila,” ujar Sudiro.
Pemateri juga menjelaskan, bahwa latar belakang dan pemahaman kelompok teroris serta pola penyebarannya, proses perekrutan anggota kelompok radikal dan teroris serta pemahaman terhadap Pancasila.
“Dengan mengamalkan Pancasila dalam kehidupannya sehari hari, akan menimbulkan anti radikal dan terorisme,” tegasnya.
Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pemutaran video tentang nasionalisme, Pancasila yang sila-silanya terdapat dalam Alquran.
Tidak itu saja, dia menekankan pentingnya  kewaspadaan terhadap pemikiran Khawarij dan Manhaj Hizbut Tahrir, yang merongrong kekuasaan pemerintah dengan sistem khilafah.
Kegiatan yang digelar pada pukul 16.15 Wib tersebut dihadiri oleh Waka Kesiswaan II Drs. Tazur, Para guru dan siswa/siswi SMKN 3 Kota Jambi.
(azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *