Cegah Perilaku Terlarang, Babinsa ini Berikan Pendidikan Karakter

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Pendidikan karakter sangat perlu dan harus diterapkan dilingkungan sekolah, sebagai bekal untuk menanamkan nilai-nilai moral sehingga dapat mencegah perilaku yang dilarang.

Dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari di sekolah para siswa selalu diajak membiasakan diri mematuhi tata tertib dan aturan yang ada. Selain bekal ilmu pengetahuan yang diberikan, pihak sekolah biasanya juga turut menjunjung tinggi nilai-nilai karakter, salah satunya disiplin waktu.

“Saya selalu mendorong dan memberi semangat kepada siswa/i di sekolah dimanapun berada setiap saya melakukan tugas komsos untuk menanamkan nilai-nilai moral, kedisiplinan dan pendidikan karakter.” papar Pelda Azhar, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura, saat ia bertugas memberi materi kedisiplinan di SMK Teknologi Indonesia Jambi, Senin (31/8/2020).

Menurutnya, pendidikan karakter dilakukan agar nantinya peserta didik menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak. Pendidikan karakter berhubungan erat dengan psikis individu. Dengan pendidikan karakter, dapat diajarkan pandangan tentang nilai-nilai kehidupan, seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab dan keimanan.

Sebagai Babinsa, tugas komsos dalam rangka binter terutama dilingkungan sekolah harus dapat dimanfaatkan untuk mengarahkan, mendidik dan mendorong siswa/i agar terbiasa menerapkan kedisiplinan dilingkungan sekolah. Pembiasaan menaati peraturan menjadi tanggungjawab yang mesti dipegang. Kedisiplinan sebagai bentuk karakter yang dipunyai akan bermanfaat sebagai bekal untuk menghadapi lingkungan, tantangan dan tuntutan zaman setelah tidak lagi menjadi siswa/i di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *