TNI  

Wujudkan Jambi Bersinar, Mayor Widi Paparkan Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Penanggulangan dampak negatif narkoba dan pergaulan bebas terus digaungkan dan dilakukan, baik oleh Pemerintah melalui instrumennya maupun lembaga swadaya masyarakat.

Narkoba singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan/zat yang jika dimasukkan dalam tubuh dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang.

Narkoba memiliki daya adiksi atau ketagihan, daya toleran dan daya habitual (kebiasaan) yang sangat kuat, sehingga menyebabkan pemakai narkoba tidak bisa lepas dari ketergantungannya terhadap narkoba.

Di depan belasan pemuda dalam kegiatan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) yang diselenggarakan diruang Aula Dispora kota Jambi, Rabu (15/03/2023) Komandan Kodim 0415/Jambi melalui Pasi intel Mayor Inf Widi Purwoko, SE memaparkan bahaya narkoba dan pergaulan bebas khususnya bagi generasi muda.

Dikatakannya, pergaulan bebas dapat menimbulkan berbagai masalah, baik kesehatan fisik maupun juga mental seseorang. Dalam pergaulan bebas, seseorang dapat dengan mudah terpapar Penyakit Menular Seksual (PMS), juga dapat menimbulkan masalah emosional dan psikologis.

Sementara dampak dan bahaya menggunakan narkoba sangatlah besar bagi kesehatan fisik, mental dan emosional, diantaranya terganggunya saraf utama, merusak jantung dan dapat terpapar HIV/AIDS hingga sebabkan kematian.

Menurut Mayor Widi untuk mewujudkan Jambi Bersinar dengan segera, perlu adanya peran penanganan narkoba yaitu adanya komitmen diri dan menjaga diri untuk tidak bersentuhan dengan narkoba, adanya religius anti narkoba, konsolidasi kekuatan dalam kegiatan P4GN, bersih narkoba dan deteksi dini.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa secara umum untuk mengatasi pergaulan bebas perlu melibatkan proses yang panjang dan berkesinambungan yang memerlukan komitmen, kesadaran dan dukungan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *