Jalin Silaturahmi, Paguyuban PKJM Gelar Halal bi Halal

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Keluarga Besar Paguyuban Keluarga Jawa Merangin (PKJM), Sabtu (20/5/2023) menggelar Halal bi Halal di lokasi Pendopo PKJM yang berada di belakang SMA 6 Merangin, masih dalam kawasan Desa Sungai Ulak, Kecamatan Nalo tantan.

Kegiatan Halal bi Halal berlangsung cukup meriah, maklum banyak dihadiri warga paguyuban yang datang dari berbagai kecamatan di Merangin. selain dihadiri Bupati Merangin Mashuri dan Bupati Merangin Priode 2008-2013 Dr, Nalim juga dihadiri Gubernur Jambi, diwakili Kepala Bappeda Propinsi Jambi Agus Harianto.

Tampak juga hadir Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dan anggota DPRD Provinsi Jambi dari Partai PDIP Drs. Khafid Moein. Sementara anggota dewan Merangin yang hadir adalah wakil Ketua DPRD Merangin Zaidan, SHi.

Agus Manto Ketua PKJM ditemui sebelum acara dimulai mengatakan, bahwa dalam acara halal bi halal tersebut semua organisasi kedaerahan diundang tanpa pandang bulu. Begitu juga para tokoh masyarakat Merangin juga turut diundang untuk mempererat tali silaturahim.

“Semua kita undang untuk menghadiri Halal bi Halal PKJM hari ini, tanpa memandang asal usul. Ini kita lakukan untuk menjalin silaturahmi sesama anak Merangin,” kata Aguswanto.

Sementara Bupati Merangin dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Merangin juga mengucapkan selamat hari raya Idhul Fitri dan mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

Selain itu Bupati Merangin yang juga mantan Ketua PKJM Merangin sebelumnya mengulas kisah balik terbentuknya PKJM dan perkembangannya hingga saat ini.

Menurut Bupati Merangin, PKJM berdiri diera Bupati Nalim. Dan berdirinya pendopo saat ini tidak terlepas atas bantuan pemerintah kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi.

“PKJM Merangin berdiri di zamannya pak Nalim sebagai Bupati Merangin. dan bangunan pendopo adalah bantuan pemerintah kabupaten, provinsi dan bantuan anggota PKJM,”ungkap Mashuri.

Kabar gembira datang dari Ketua DPRD Provinsi jambi Edi Purwanto. Dalam sambutannya Politisi PDIP ini mengatakan akan memberikan bantuan seperangkat gamelan yang nilainya diperkirakan mencapai Rp 800 juta.

“Akan kita kita berikan bantuan tahun ini seperangkat gamelan untuk PKJM, semoga nanti dapat dimanfaatkan anggota PKJM,”ujar Edy Purwanto.

Di Penghujung kegiatan halal bi halal pihak panitia menampilkan penceramah Ustadz Dr. Joni yang juga Ketua MUI Merangin. menurut Joni halal bi halal merupakan cara untuk menjalin silaturahmi usai hari raya Idhul Fitri.

Disamping itu saat halal bi halal juga berkesempatan untuk meminta maaf atas kesalahan masa lalu yang telah dilakukan.

“Beratnya dosa kepada sesama manusia, kita harus meminta maaf langsung kepada yang bersangkutan. Tidak cukup meminta maaf tapi juga haru disebutkan kesalahan apa yang telah kita lakukan. Baru dosa tersebut dapat dihapuskan,” terang Dr. Joni.

(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *