SMKN 13 Merangin Memprioritaskan Program Pramuka Sebagai Program Unggulan

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib di SMK Negeri 13 Merangin, ini bukan hanya di SMKN 13 Merangin saja, tapi di seluruh Indonesia, Dengan mengikuti kegiatan ini, siswa/i diharapkan mendapat 6 manfaat kepramukaan, yaitu :

 

 

1. Lebih Percaya Diri. Dengan dikelilingi sesama anggota pramuka yang saling mendukung, anak jadi lebih berani, percaya diri, dan berempati .

 

 

2. Mendukung Perkembangan Emosional Sosial. Melatih anak berpendapat, menyelesaikan konflik melalui diskusi, mengungkapkan emosi secara positif, menghargai perbedaan, mengenali isyarat nonverbal, dan berbagai keterampilan lain yang mendukung perkembangan sosial emosionalnya

 

 

3. Menumbuhkan Tanggung-jawab dan Disiplin. Menurut The Scout Association, manfaat ikut pramuka ini bukan hanya mendukung pendidikan anak di sekolah, tapi juga menjadi kualitas pribadi yang penting agar bisa sukses dalam hidup dan karier di masa depan .

 

 

4. Belajar Keterampilan Hidup. Menurut informasi dalam situs resmi Girl Scouts of the USA, anggota pramuka dilatih untuk menjalin hubungan sehat, literasi keuangan, hidup sehat, serta berkontribusi melakukan perubahan positif masyarakat .

 

 

5. Leadership. Hasil studi yang dilakukan Tufts University menyatakan, salah satu manfaat pramuka bagi anak adalah besarnya kesempatan mengasah jiwa kepemimpinan dalam berbagai kegiatan.

 

 

6. Sehat Mental dan Fisik. Dalam studi yang dilansir oleh US Forest Service, beraktivitas di alam bebas baik untuk kesehatan mata, pernapasan, jantung, dan otot

 

 

Dari 6 manfaat tersebut maka SMKN 13 Merangin yang di nahkodai oleh Akisman S.pd bertujuan pada tahun ajaran 2023-2024 untuk mengutamakan program Pramuka sebagai program unggulan di sekolah yang di pimpinnya.

 

 

Seperti yang di jelaskan kepada media ini Selasa (1/8/23), diriNya bertekad semaksimal mungkin untuk memberdayakan Program Pramuka di sekolahnya menjadi program unggulan.

 

 

“Semenjak saya di angkat menjadi kepala sekolah SMKN 13 Merangin, saya sudah bertekad untuk menjadikan SMKN 13 Merangin ini sebagai program unggulannya adalah Pramuka, sebab Pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mendisiplinkan pribadi, dan mendidik jati diri khususnya anak didik bukan hanya di SMK saja, sebisa mungkin mulai diri SD anak sudah di arahkan untuk mengikuti kegiatan Pramuka,” ujar Akisman.S Pd.

 

 

SMKN 13 Merangin yang terletak di Desa Muara Kibul, Kecamatan Tabir Barat ini, memiliki tenaga pendidik yang berjumlah sebanyak 17 orang  guru, dan TU 16 orang, sedangkan anak didik SMKN 13 Merangin ada sebanyak 98 orang siswa, dengan Program Keahlian yang ada Manajemen Perkantoran dan Multimedia.

 

 

Di akhir pembicaraan, kepala sekolah SMKN 13 Merangin Akisman, S Pd, dirinya sangat berterima kasih kepada Pemprov Provinsi Jambi yang telah memperhatikan para Guru Tidak Tetap (GTT), dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang ada di sekolahnya, dengan pembayaran gaji tepat waktu setiap bulannya.

 

 

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemrov Provisi Jambi yang telah membayar gaji para GTT dan PTT tepat waktu setiap bulannya, dengan demikian mereka bisa bekerja secara maksimal untuk memenuhi tanggung jawab nya, sebagai tenaga pendidik, dan semoga pendidikan semakin berkualitas,”tandasnya.(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *