ANBK 2023 SMA Sederajat Telah Dilaksanakan Se-Indonesia, SMAN 20 Merangin Ingin Lebih Baik Dari Sebelumnya Walau PNS Hanya 2 Orang.

JAMBI.KABARDAERAH.COM – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 jenjang SMA sederajat telah dilaksanakan mulai Senin, 28 Agustus 2023.

 

 

 

Jadwal ANBK tersebut termuat dalam Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 015/H/Kp/2023 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2023

Asesmen Nasional Berbasis Komputer, (ANBK) adalah salah satu penilaian yang di lakukan dari kementrian Pendidikan.
Jika dalam penilaian berwarna merah itu bertanda kurang, dan jika berwarna kuning ‘Sedang, dan jikalau berwarna hijau sudah ‘Bagus, hasil tersebut dilakukan melalui online dari kementrian Pendidikan.
“Mereka lah yang menilai layak atau tidaknya sekolah tersebut,” Ujar Sumardi S.pd Kepala SMAN 20 Merangin. Menjelaskan kepada media ini Selasa (29/8/23) di ruang kerja nya yang beralamatkan di Desa Sei-Kapas Kecamatan Bangko.
SMAN 20 Merangin sudah 4 tahun mengikuti sistim ANBK, yang di laksanakan serentak Se-Indonesia.
Adapun bidang yang dinilai antara lain
Literasi, Nomerasi, karakter Siswa, keamanan Sekolah, Mutu Pembelajaran, dan iklim kebhinekaan, setiap tahun di pantau oleh Direktorat, dengan istilah (Rapor Pendidikan)
Sementara untuk Rapor Pendidikan SMAN 20 Merangin
“Di tahun 2022 nilai Rapor kami ‘Kurang, tahun 2023 ‘Sedang, dan pada tahun 2024 mendatang kami berharap lebih baik dari tahun sebelumnya,” harap Sumardi.
Sekedar untuk di ketahui SMAN 20 Merangin berdiri pada tahun 2016, namun pada tahun ajaran 2023-2024 telah memiliki Siswa sebanyak 150 orang, sedangkan tenaga pendidik ada sebanyak 20 orang termasuk Kepala Sekolah dan TU, dan yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) hanya ada dua orang.
Seperti yang di jelaskan oleh TU Sufri Helmi Tanjung,
“Kalau siswa kami ada sebanyak 150 orang, dan tenaga pendidik ada 20 orang sedangkan yang PNS hanya saya dan kepala sekolah, selebihnya masih honorer, kami ingin jalin kerja sama dengan seluruh lapisan Masyarakat apa yang bisa di perbuat demi kemajuan sekolah kami ini, dan yang terpenting dari pihak media exsfus lah apa pontensi yang ada di sekolah yang dapat mempertahan kan sekolah, selaku penyeimbang agar dapat saling mengisi,” tandas TU SMAN 20 Merangin.(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *