Puluhan Pelajar SMA Mendapatkan Penyuluhan Bela Negara Satgas TMMD 0415/Batanghari

Suasana puluhan pelajar SMA 3 Sengeti mendapatkan penyuluhan Bela Negara dari Satgas TMMD 0415/Batanghari

Muarojambi I Kabardaerah.com — Guna memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada generasi muda tentang rasa kecintaan pada negara dan bangsa, tim Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0415/Batanghari TA 2017 menggelar kegiatan non fisik berupa penyuluhan Bela Negara.

Sasaran kali ini, lebih kepada pelajar SMA, yakni SMA 3 Sengeti, Kabupaten Muarojambi, Jambi pada Rabu (11/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut, meski dengan duduk bersila diatas lantai lokal, puluhan siswa dan siswi SMA 3 Sengeti, terlihat serius mendengarkan setiap perkataan yang keluar dari Perwira Penghubung Kodim 0415/Batanghari Mayor Inf Wawan Iswanto yang dipercaya untuk memberikan penyuluhan terkait Bela Negara.

Menurut Wawan, defenisi Bela Negara, yaitu suatu tekad, sikap, dan perilaku warga yang dilakukan secara teratur, menyeluruh dan terpadu serta dijiwai oleh rasa kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bernegara.

“Sebagai warga negara, kita wajib untuk membela keutuhan bangsa dari setiap ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri,” tegasnya.

Hal ini, lanjut Wawan, sesuai dengan dasar hukum Undang-Undang tentang Upaya Bela Negara yaitu Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 yang menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Terpisah, Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi merasa perlunya penyuluhan Bela Negara kepada pelajar.

Pasalnya, tegas Dandim, kewajiban bela negara tidak hanya menjadi tanggung jawab anggota TNI semata, tetapi seluruh komponen masyarakat Indonesia.

“Untuk menjaga kedaulatan bangsa itu bukan hanya kekuatan militer dari TNI saja, tetapi kekuatan sipil juga harus dipersiapkan sejak dini,” ungkapnya.

Dengan adanya program Bela Negara pada pelajar di sekolah, lanjut Denny, akan menumbuhkan kembali cinta tanah air dan bangsa pada setiap pribadi pelajar.

“Karena segala bentuk aktivitas dalam program Bela Negara, bertujuan untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini,” tandas Dandim.

Denny berharap, setiap pelajar yang telah mengikuti program Bela Negara akan membentuk sikap dan jiwa disiplin, taat dan tertib. Selain itu bisa  diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah atau pun masyarakat.

“Saya juga mohon para pelajar bisa mendistribusikan hasil penyuluhan Bela Negara ini, kepada pelajar dan masyarakat lainnya akan pentingnya Bela Negara dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” harapnya.

Baca juga : ratusan-pelajar-dapat-pembekalan-wawasan-kebangsaan-dari-tmmd-0415batanghari

Denny juga mengakui, dalam kegiatan TMMD Ke 100 Kodim 0415/Batanghari Tahun 2017, tidak hanya penyuluhan di bidang Bela Negara saja, akan tetapi wawasan kebangsaan. (azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *